Tenis Kursi Roda Kapusrehab Cup XIV, Ajang Persiapan Pekan Paralympic Nasional

Rabu, 25 Agustus 2021

Bogor – Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Kapusrehab Kemhan) Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S membuka Turnamen Tenis Kursi Roda Kapusrehab Cup XIV 2021, yang diikuti oleh atlet-atlet tenis kursi roda dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, di Lapangan Tenis Pendopo Kompleks Pemda Kabupaten Cibinong, Bogor, Rabu (25/8).

“Turnamen tenis kursi roda kali ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 yang mengharuskan kita mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, sering mencuci tangan, menghindari kerumunan serta tidak berjabat tangan. Sekaligus, turnamen ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang pelatihan bagi atlet-atlet tenis kursi roda yang akan berlaga pada Pekan Paralympic Nasional yang akan datang”, kata Kapusrehab Kemhan.

Dalam sambutannya saat membuka turnamen tersebut, Kapusrehab Kemhan menjelaskan, sebagai institusi yang melaksanakan rehabilitasi terhadap penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan, Pusrehab Kemhan mempunyai tugas pokok dan fungsi yang mencakup rehabilitasi medik, vokasional, sosial serta pelayanan perumah sakitan. Dan salah satu program dari bidang rehabilitasi sosial adalah, program kerja bimbingan olah raga prestasi bagi penyandang disabilitas, diantaranya cabang olah raga tenis kursi roda.

Disamping itu, kita tidak boleh menyerah dengan keadaan seperti sekarang ini. Kita harus tetap bergiat terutama dalam hal berolah raga, yang diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus. Untuk itu, Pusrehab Kemhan akan terus berupaya melakukan pembinaan meningkatkan prestasi atlet-atlet yang sudah berpengalaman maupun mencari atlet-atlet muda berbakat, guna menyiapkan regenerasi atlet agar mampu berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, jelas Kapusrehab Kemhan melanjutkan sambutannya

“Junjung tinggi sportifitas, kemenangan bukanlah segala-galanya tapi sportifitas adalah yang utama”, tegas Kapusrehab Kemhan.

Turnamen Tenis Kursi Roda Kapusrehab yang rutin dilaksanakan setiap tahun, merupakan wadah meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta keterampilan dalam olah raga tenis kursi roda. Dan untuk tahun ini mempertandingkan Ganda Putra Kelompok Utama serta Gabungan Kelompok Ganda untuk Kelompok Pemula, yang diikuti oleh Perkumpulan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dari Pusrehab Kemhan, Dki Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan NPCI Kabupaten Bekasi.

Sementara sistem pertandingan yang digulirkan menggunakan sistem gugur, pertandingan proset game 8 tanpa duice, dan untuk partai final menggunakan sistem The Best Of Three, dimana bila terjadi nilai 1-1 maka dilaksanakan Tie Break Game 10. (Biro Humas Setjen Kemhan).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia