Wamenhan RI Secara Resmi Buka Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 UNHAN TA 2021/2022

Rabu, 23 Juni 2021

Magelang – Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra, Rabu (23/6), menjadi Inspektur Upacara dalam Pembukaan Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 UNHAN TA 2021/2022, didampingi Rektor UNHAN RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU., di Akademi Militer, Magelang. Dalam amanatnya, Wamenhan RI menjelaskan bahwa 300 orang Kadet Mahasiswa yang telah lulus seleksi untuk menempuh pendidikan S1 di UNHAN melalui jalur beasiswa. “Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri, karena para Kadet Mahasiswa merupakan orang-orang yang terpilih”, tegas Wamenhan RI.

Wamenhan RI M. Herindra melanjutkan, selama 2 bulan di Kawah Chandradimuka ini para Kadet akan dilatih untuk memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan Pendidikan Nasional dan Bela Negara. Dalam lingkup kemahasiswaan, Resimen Kadet Mahasiswa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bagian perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

“Resimen Kadet Mahasiswa ini juga merupakan salah satu Komponen Cadangan serta SDM Pertahanan. Dengan demikian, setiap universitas disarankan memiliki wadah yang tepat agar setiap mahasiswa dipersiapkan menjadi bagian komunitas pertahanan”, jelas Wamenhan M. Herindra.

Pada kesempatan ini, Wamenhan RI M. Herindra mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya yang telah memberikan fasilitas sarana dan prasarana selama para Kadet Mahasiswa S1 UNHAN melaksanakan pendidikan dasar militer Chandradimuka. Wamenhan M. Herindra berharap kepada penyelenggara dan peserta didik agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hadir dalam upacara pembukaan Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 UNHAN TA 2021/2022 ini; Pejabat perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabes Angkatan dan Polri. (Biro Humas Setjen Kemhan/Dok Unhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia