Menhan RI Menerima Deputi Menlu Republik Belarus

Rabu, 18 Oktober 2017

IMG-20171018-WA0011Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Delegasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Belarus yang dipimpin oleh Deputi Menteri Luar Negeri Republik Belarus Andrei Dapkiunas, Rabu (18/10) di kantor Kemhan, Jakarta.

Atas kunjungan ini, Menhan RI menyampaikan selamat datang kepada Delegasi Belarus dan berharap akan lebih meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara yang sudah terjalin baik. Walaupun kedua negara secara geografis memiliki jarak yang jauh dan juga memiliki perbedaan baik secara budaya dan tradisi, namun kedua negara memiliki kesamaan nilai-nilai.

Kedua negara juga memiliki kesamaan pandangan dan semangat untuk perlu meningkatkan dan mempererat kerjasama utamanya di bidang pertahanan dalam rangka mengatasi tantangan dan ancaman bersama baik regional maupun global.

Lebih lanjut Menhan RI mengatakan, meskipun MoU perjanjian kerjasama pertahanan yang sudah sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak belum diratifikasi oleh parlemen, namun kerja sama tersebut akan terus berjalan. Oleh pihak Indonesia, MoU tersebut sudah diajukan ke parlemen, dan diharapkan dapat segera dibahas dan diratifikasi pada tahun depan.

Sementara itu, Deputi Menteri Luar Negeri Republik Belarus menyampaikan rasa bangga atas kemajuan hubungan kerjasama pertahanan Indonesia dan Belarus yang terus bertambah kuat dan erat, hal ini ditandai dengan adanya kunjungan antar pejabat kedua negara dan juga partipasi dalam pameran-pameran di bidang industri pertahanan.

Menurutnya, kerjasama pertahanan kedua negara memiliki peran penting utamanya sebagai penggerak kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan. Adanya level saling percaya dan kerja sama yang sudah konkrit yang telah dilakukan oleh kedua negara merupakan refleksi adanya saling keterbukaan dan upaya bersama untuk mempererat kerjasama yang telah terjalin.

Atas kemajuan kerjasama tersebut, Deputi Menteri Luar Negeri Republik Belarus lebih lanjut menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas peran penting yang dilakukan oleh Menhan RI dalam mendorong kerjasama pertahanan Indonesia dan Belarus. “Kami menyampaikan terima kasih atas peran langsung dan niat baik bapak untuk meningkatkan kerjasama pertahanan kedua negara lebih erat lagi”, ungkapnya. (BDI/JUL)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia