Irjen Kemhan mewakili Menhan RI menerima tamu Panglima Papua Nugini

Senin, 21 Agustus 2017

PAPUANUGINI IRJENJakarta – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menerima tamu Panglima Angkatan Bersenjata Papua Nugini Brigadir Jenderal Gilbert Toropo, yang diwakili oleh Letjen TNI Agus Sutomo selaku Kepala Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan, Senin (21/8) di Kantor Kementerian Pertahanan.

Atas nama Bapak Menteri Pertahanan Republik Indonesia kami mengucapkan selamat datang kepada Brigadir Jenderal Gilbert Toropo beserta rombongan. Papua Nugini dan Indonesia adalah teman dekat Indonesia karena perbatasan dan bersahabat telah lama sejak tahun 1975 hingga sekarang kita terus membangun peningkatan kerjasama untuk kepentingan kedua negara”, ungkap Irjen Kemhan.

Dalam pertemuan secara tertutup, kedua negara membahas wujud peningkatan hubungan kerjasama di bidang pertahanan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Pada tahun 2010 di Papua Nugini dan MoU nya sudah ditandatangani dan akan diajukan ke Menhan

Menurut Irjen Kemhan, angkatan bersenjata Papua Nugini juga telah melakukan kerjasama dengan pertahanan Indonesia. Kerjasama pertahanan yang telah dilaksanakan sampai saat ini adalah joint border patrol, saling kunjung personel angkatan bersenjata, Dialog, Konsultasi, kerjasama di bidang Logistik, Pendidikan dan pelatihan antar kedua Negara.

Lebih lanjut Irjen menjelaskan, Terkait kerja sama pertukaran-pertukaran Perwira Siswa Militer antara Papua dan Indonesia, berharap kerja sama dapat terus dilanjutkan. “Saya berharap pengiriman Siswa dari Indonesia ke Akademi Pertahanan Papua mulai kembali lagi dalam waktu tidak lama”, ungkapnya.

Indonesia siap menjadi tuan rumah pertemuan 2+2 RI – Papua Nugini yang merupakan pertemuan sangat penting bagi kedua negara. Pertemuan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kerjasama kedua negara dan juga menjadi kesempatan yang baik untuk saling berbagi pengalaman serta informasi dalam upaya mengatasi ancaman bersama di kawasan.

Terkait kerja sama pertukaran personil antara Indonesia dan Papua Nugini, Menhan RI juga menyambut baik dan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak TNI. (WND/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia