The 20th Indonesia – Australia Defence Strategic Dialogue (IADSD), Dirjen Strahan: Tingkatkan Kerja Sama Kedua Negara

Jumat, 11 Oktober 2024

Jakarta – Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Ujang Darwis didampingi Direktur Kerja Sama Internasional Pertahanan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Airlangga menghadiri forum dialog bilateral antara Indonesia dan Australia, The 20th Indonesia – Australia Defence Strategic Dialogue (IADSD) di Ruang Singosari Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (11/10).

Forum dialog bilateral IADSD ini berlangsung selama dua hari pada 10-11 Oktober 2024. Masing-masing delegasi memaparkan dan membahas berbagai kerja sama pertahanan kedua negara yang sudah terjalin dengan baik. Pihak Australia menghadirkan enam orang delegasi ke Indonesia dalam rangka membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara. IADSD ke-20 ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan secara bergantian di Indonesia dan Australia. Tahun ini Indonesia menjadi penyelenggara  IADSD dan tahun depan direncanakan akan dilaksanakan di Australia.

Saat ini kepentingan geopolitik dan geostrategis Indonesia mulai berubah membentuk identitas dan kepentingannya dalam menjawab tantangan menghadapi dinamika keamanan di kawasan Indo-Pasifik. Selama keketuaan Indonesia di ASEAN, kerja sama dengan kawasan Pasifik telah diperkuat untuk mendorong inklusif arsitektur Indo-Pasifik. Dari perspektif ekonomi dan keamanan, Indonesia saat ini dianggap bertransformasi menjadi salah satu yang terkuat di negara Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan keanggotaannya di organisasi G-20 yang telah diperoleh melalui kemajuan signifikan dalam perkembangan ekonomi yang pesat akhir-akhir ini.

Materi pembahasan dalam forum dilaog ini meliputi kerja sama pertahanan kedua negara di bidang pendidikan dan pelatihan, industri pertahanan hingga kerja sama dibidang kesehatan militer. Dalam menghadapi tantangan keamanan regional dan global yang sangat dinamis Indonesia dan Australia sepakat untuk dapat terus meningkatkan kemampuan pertahanan melalui pendidikan dan latihan serta latihan bersama.

Dalam forum IADSD ini pemerintah Indonesia mendukung penuh latihan tahunan sebagai implementasi kerja sama antara Indonesia dan Australia. “Saya sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras para delegasi maupun seluruh pihak yang terlibat sehingga IADSD ini terlaksana dengan baik. Saya yakin dialog ini dapat meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan dan keamanan,” tegas Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Ujang Darwis. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia