Wamenhan M. Herindra Pimpin Rakor Terkait Pengembangan Ketahanan Pangan di Merauke, Papua Selatan

Senin, 7 Oktober 2024

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pengembangan Ketahanan Pangan di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Rakor tersebut berlangsung di Hotel Mulia Jakarta, pada Senin (7/10). Pada kegiatan Rakor ini, Wamenhan turut didampingi Ses Baranahan Kemhan Laksma TNI Mochamad Taufiq Hidayat selaku Kepala  Pusat Cadangan Logistik Strategis (PCLS) Kemhan.

Dalam sambutan awalnya, Wamenhan M. Herindra menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir dalam rapat koordinasi, serta menekankan bahwa pertemuan ini merupakan bagian dari keinginan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto terkait swasembada pangan.

“Wilayah Indonesia sangat luas dan cukup bagus, namun luas sawah semakin lama semakin menyusut. Oleh sebab itu, Kemhan mengundang rapat koordinasi ini untuk mencanangkan dan membuka satu juta hektar di daerah Merauke. Ini adalah tantangan yang besar dan kita sudah memulai,” kata Wamenhan.

Wamenhan juga menyampaikan harapannya kepada para stakeholder dan kementerian terkait yang memiliki kewenangan, agar dapat mendukung ketahanan pangan dan merealisasikan hal tersebut secepat-cepatnya dalam satu visi bersama sesuai aturan yang berlaku.

“Mudah-mudahan rapat koordinasi hari ini dapat menghasilkan rapat yang konstruktif, sehingga apa yang diinginkan Menhan Prabowo agar Indonesia mandiri dalam bidang pangan dan dapat secepatnya terealisasi. Intinya ini untuk masa depan Bangsa Indonesia,” tegas M. Herindra.

Dalam rangkaian Rakor diundang juga tiga Panelis yaitu dari Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut., M.P yang memaparkan terkait Penyediaan Kawasan Hutan Untuk Mendukung Ketahan Pangan Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Panelis kedua dari Kementerian Pertanian terkait Program dan Kebijakan Ketahanan Pangan Sebagai Pilar Utama Menuju Indonesia Emas yang dipaparkan oleh Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Penganggu Tumbuhan (OPT) Ditjen Tanaman Pangan Kementan Ir. Yuris Tiyanto, M.M.

Kemudian paparan ketiga disampaikan Direktur Layanan Industri PT Sucofindo Budi Utomo terkait Laporan Akhir Studi Kelayakan Kawasan Sentra Produksi Pangan Padi di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Di akhir acara, kegiatan dilanjutkan diskusi dan pandangan dari berbagai sektor. Diharapkan Rakor ini dapat menjadi langkah awal yang konkret dalam mewujudkan ketahanan pangan di Merauke sebagai bagian dari ketahanan nasional yang kuat dan berkelanjutan.

Turut hadir pejabat atau yang mewakili dalam Rakor tersebut yaitu pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, PT Agrinas dan PT Sucofindo. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia