Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Selasa, 1 Oktober 2024

Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Selasa (1/10).

Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara, memimpin jalannya upacara untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah mempertahankan ideologi Pancasila. “Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Presiden RI memimpin doa saat upacara berlangsung.

Selanjutnya, dilaksanakan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, diikuti dengan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti serta pembacaan dan penandatanganan Ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Agus Subiyanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, yang mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas” ini menjadi momen penting untuk mengingatkan kembali pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

Kehadiran Menhan Prabowo dalam upacara ini menunjukkan komitmen kuat terhadap nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar ideologi bangsa dan menegaskan pentingnya peran Kementerian Pertahanan dalam menjaga keutuhan NKRI dan mempertahankan ideologi negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia