Plt. Sekjen Kemhan Pimpin Delegasi Indonesia Dalam Pertemuan ADSOM dan ADSOM-Plus di Laos

Jumat, 27 September 2024

Laos – Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P, melakukan kunjungan kerja ke Laos dalam rangka pertemuan ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting (ADSOM) dan ADSOM-Plus yang dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 27 September 2024 di Vientiane, Laos.

Kedua pertemuan tersebut dipimpin oleh Major General Somphone Mittaphone, dan Deputy Chief of the General Staff of the Lao People’s Army selaku Ketua ADSOM dan ADSOM-Plus.

Plt. Sekjen Kemhan didampingi oleh Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan, Brigjen TNI Airlangga, serta perwakilan dari Dit. Kerja Sama Polkam ASEAN Kemlu, Kedeputian II Pollugri Kemenko Polhukam dan Athan RI di Vientiane, Laos.

Plt. Sekjen Kemhan menyampaikan bahwa ADMM dan ADMM-Plus harus tetap visioner dan berwawasan ke depan, sembari menjunjung tinggi ASEAN Way dan menghormati prinsip-prinsip dasar ASEAN yang diuraikan dalam Piagam ASEAN, Treaty of Amity and Cooperation TAC), dan SEANWFZ.

“Prioritas kita adalah untuk mengonsolidasikan komitmen bersama untuk meningkatkan kerja sama praktis, kolaborasi, dan dialog konstruktif guna memperkuat stabilitas kawasan. Saya sangat menghargai komitmen semua Negara Anggota ASEAN dan Negara Plus dalam membangun kemitraan yang lebih kuat,” kata Plt. Sekjen Kemhan.

Pertemuan ADSOM dan ADSOM-Plus ini merupakan rangkaian pertemuan sebelum pelaksanaan ADMM dan ADMM-Plus.

Pertemuan ADSOM dihadiri delegasi dari ASEAN Member States (AMS) dan observer dari Timor-Leste, yang bertujuan untuk mengesahkan inisiatif kerja sama baru di bawah kerangka ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM), dan membahas kelanjutan kerja sama dengan Plus Countries dan external partners, serta membahas persiapan pertemuan ADMM.

Sementara pertemuan ADSOM-Plus dihadiri delegasi dari ASEAN Member States (AMS), delapan negara mitra wicara/Plus Countries, serta observer dari Timor-Leste. Pertemuan ADSOM-Plus bertujuan untuk membahas perkembangan kerja sama di bawah kerangka ADMM-Plus, mengesahkan EWGs Work Plan 2024-2027 dari masing-masing co-chair baru, serta mempersiapkan pertemuan ADMM-Plus ke-11.

Di sela-sela pertemuan ADSOM dan ADSOM-Plus, Plt. Sekjen Kemhan melakukan pertemuan bilateral dengan Laos, Jepang dan Amerika Serikat guna membahas isu-isu khusus pada kerja sama multilateral dan bilateral. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia