Satgas Tenaga Kesehatan TNI Berikan Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat Palestina di Raffah dan El Arish

Minggu, 8 September 2024

Gaza, Palestina – Satgas Nakes TNI untuk Gaza yang beberapa waktu yang lalu mendapat pengarahan langsung dari Menhan Prabowo sebelum berangkat bertugas, saat ini (7/9) melanjutkan misi kemanusiaan mereka di wilayah konflik dengan memberikan layanan kesehatan di Field Hospital UEA di Raffah, Palestina dan Floating Hospital UEA di El Arish, Mesir.

Dengan total 34 tenaga kesehatan, satgas ini terbagi menjadi dua tim yang bekerja di lokasi berbeda, memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan medis yang dibutuhkan. Tim pertama terdiri dari 25 orang nakes ditempatkan di Field Hospital UEA di Raffah, Palestina (10 orang) dan di Floating Hospital UEA di El Arish, Mesir (15 orang).

Tim nakes di Field Hospital UEA di Raffah memulai aktivitas dengan kegiatan morning report. Setelah itu, para dokter melaksanakan visitasi dan pemeriksaan kepada pasien, sementara paramedis dan perawat menjalankan tugas sesuai bidang masing-masing.

Sementara itu, di Floating Hospital UEA di El Arish, Mesir, tim nakes yang berjumlah 15 orang juga menjalankan aktivitas medis dengan optimal. Rumah sakit apung ini tidak hanya melayani pemeriksaan rutin tetapi juga melaksanakan kegiatan operasi dan layanan fisioterapi.

Pada hari yang sama (7/9) pukul 15.00 waktu setempat, tim kedua yang berjumlah sembilan orang nakes tambahan tiba di El Arish, Mesir. Dipimpin oleh dr. Leksmana Sp.Rad, kedatangan mereka di Floating Hospital meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan di sana. Sembilan nakes tambahan ini berangkat dari Abu Dhabi ke El Arish menggunakan C 130 Hercules milik Angkatan Udara UEA

Tim tambahan ini menambah jumlah nakes di El Arish menjadi 24 orang yang akan membantu memperkuat layanan medis yang sudah berjalan, terutama dalam menangani kasus-kasus yang memerlukan perhatian khusus.

Kehadiran Satgas Nakes TNI tersebut sangat membantu masyarakat Gaza, Palestina yang menjadi korban konflik akibat agresi Israel. Para korban luka dan yang menderita berbagai penyakit mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan lengkap sehingga mereka segera tertolong dan dapat segera pulih kembali kesehatannya.

Dengan situasi yang aman dan lengkap, Satgas Nakes TNI terus menunjukkan dedikasi dan profesionalisme mereka dalam memberikan layanan medis kepada masyarakat Palestina, baik di Raffah maupun di El Arish, Mesir.

Sampai saat ini RS UEA baik yang berada di Palestina maupun di El Arish, Mesir telah melayani pasien sejumlah 48.704 orang, termasuk melaksanakan 1.780 kegiatan operasi.

Kehadiran  Nakes TNI untuk Gaza menjadi bukti nyata komitmen Indonesia dalam mendukung misi kemanusiaan bagi rakyat Palestina. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia