Menhan Prabowo Bertemu Presiden dan PM Laos, Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan

Jumat, 6 September 2024

Vientiane – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, melakukan kunjungan resmi ke Republik Demokratik Rakyat Laos pada hari Jumat (6/9) yang diawali dengan pertemuan dengan Presiden Laos Thongloun Sisoulith di gedung National Assembly.

Kedua pihak membahas kerja sama yang erat antara Indonesia dan Laos, khususnya di bidang pertahanan.

“Saya menghargai hubungan yang kuat dan langgeng antara kedua negara kita, serta berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama kita, khususnya di bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama seperti pertahanan,” ujar Menhan Prabowo.

Setelah pertemuan dengan Presiden, Menhan Prabowo melanjutkan agenda dengan bertemu Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, di kantor Perdana Menteri. Dalam pertemuan ini, kedua pihak membahas berbagai topik penting terkait hubungan dan kerja sama bilateral.

“Kami memahami bahwa Indonesia dan Republik Demokratik Rakyat Laos tidak hanya memiliki hubungan bilateral tetapi juga komitmen terhadap stabilitas dan keamanan regional dalam komunitas ASEAN,” tutur Menhan Prabowo.

Selain kolaborasi pertahanan, Menhan Prabowo menyatakan kesiapan Indonesia menyumbangkan keahlian dan sumber daya dalam upaya penanggulangan dan bantuan bencana.

“Kami juga berharap untuk terlibat dalam latihan bersama untuk meningkatkan respons kolektif kita terhadap bencana alam di kawasan kita,” kata Menhan Prabowo.

Dalam pertemuan dengan Presiden Sisoulith, Menhan Prabowo diantaranya didampingi oleh Duta Besar RI untuk Laos Grata Endah Werdaningtyas, dan Anggota DPR RI Sugiono. Sementara itu pendamping Presiden Laos yaitu H.E. Mrs. Khemmani PHOLSENA, Head of the President’s Office, H.E. Minister, Head of the Prime Minister’s Office, HE. Mr. Bounleua PHANDANOUVONG, Deputy-Minister of Foreign Affairs, Mr. Viroth SUNDARA, Director General of Asia Pacific and Africa Department 2 dan Mr. Bounthala PANYAVICHITH, Director General of Press Department, Ministry of Foreign Affairs.

Usai serangkaian pertemuan, Menhan Prabowo beserta rombongan bertolak ke Phnom Penh dari Wattay International Airport untuk melanjutkan kunjungan resmi ke Kamboja. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan dan kerja sama yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Laos, khususnya di bidang pertahanan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia