Plt. Sekjen Kemhan Hadiri Upacara Peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU Tahun 2024

Senin, 29 Juli 2024

Yogyakarta – Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Sekjen Kemhan RI) Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P menghadiri Upacara Peringatan ke-77 Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2024, yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono di Lapangan Dirgantara AAU D.I.Yogyakarta, Senin (29/7).

Dalam momen peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU ini, Kasau mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara untuk mengambil makna penting dari patriotisme para pendahulu TNI Angkatan Udara.

“Sebagai generasi penerus Angkatan Udara, kita harus dapat mengambil pelajaran atau lesson learned melalui momen hari Bakti ini untuk meneladani semangat patriotisme dan rela berkorban para pendahulu, serta memberikan pengabdian kepada TNI Angkatan Udara yang salah satunya melalui kegiatan bakti sosial dengan tujuan meringankan beban masyarakat sebagaimana tekad para pendahulu Angkatan Udara,” ujar Kasau dalam amanatnya selaku Inspektur Upacara.

Kasau juga menekankan kepada seluruh personel TNI AU agar selalu dekat dengan rakyat dalam setiap penugasan kapanpun  dan dimanapun berada. “Karena kita adalah bagian dari rakyat,” ujar Kasau.

TNI AU dengan dukungan pemerintah senantiasa akan terus melaksanakan modernisasi alutsista dan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Saya yakin dengan meneladani patriotisme para pendahulu Angkatan Udara, kita akan mampu mewujudkan Angkatan Udara yang AMPUH yaitu adaptif, modern, profesional, unggul, dan humanis untuk Indonesia Maju,” tegas Kasau.

Dalam rangkaian upacara, juga dilaksanakan display drumband Gita Dirgantara dan selanjutnya Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono beserta Marsekal TNI (Purn) Fadjar Prasetyo menuju mimbar upacara untuk menerima defile pasukan upacara.

Setelah kegiatan upacara, dilanjutkan rangkaian kegiatan Wisuda Purna Wira Pati yang dipimpin oleh Kasau di Gedung Handrawina, dimana
Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P merupakan salah satu wisudawan.

Kegiatan Wisuda Purna Wira Pati diantaranya meliputi Penyerahan Piagam Penghargaan, Lencana Swa Buana Paksa, Pisau Buana Sakti, Hand Bouquet dan Cenderamata.

Turut hadir dalam peringatan upacara yaitu, Menko Polhukam, KSAU ke-21 Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto beserta sejumlah mantan KSAU dari masa ke masa, Gubernur DIY, pejabat Forkopimda dan TNI-Polri DIY, keluarga para pahlawan, para sesepuh dan senior TNI AU, Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Pejabat TNI AU, serta para Perwira Bintara, Tamtama, PNS, dan Taruna Akademi AU. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia