Karorenku Setjen Kemhan Buka Rapat Koordinasi Pembinaan Keuangan UO Kemhan TA. 2024

Kamis, 27 Juni 2024

Jakarta – Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kemhan Brigjen TNI Frans Dicky Tamara membuka Rapat Koordinasi Pembinaan Keuangan UO Kemhan TA. 2024 dengan tema “Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan UO Kemhan Dalam Rangka Mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, di Gd Urip Kemhan, Jakarta, Kamis (27/6).

Biro Perencanaan dan Keuangan selaku pembina keuangan mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis di bidang perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan UO Kemhan. Di samping itu Rorenku Setjen Kemhan juga melaksanakan fungsi yaitu pengendalian dan penyusunan laporan keuangan UO Kemhan.

Sesuai laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah memberikan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kemhan TA. 2023.

“Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam rangka mempertahankan hasil penilaian tersebut”, tegas Karorenku.

Penilaian atas laporan keuangan satker Kemhan dilakukan secara bersama-sama oleh tim Rorenku dan Itjen Kemhan dengan kriteria antara lain ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, kelengkapan laporan keuangan, face laporan keuangan dan catatan atas laporan keuangan serta memperhatikan berbagai aspek dalam laporan keuangan antara lain kebenaran dan kualitas neraca, laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas serta catatan laporan keuangan.

Turut hadir dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Keuangan UO Kemhan TA. 2024 yaitu Pejabat Eselon III dan Eselon IV dari masing-masing satker Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia