Kapuskon Baranahan Kemhan Buka Bimtek Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan TKDN

Senin, 20 Mei 2024

Jakarta – Kepala Pusat Konstruksi Baranahan Kemhan Brigadir Jenderal TNI M. Leo Pola Ardiansa S, membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan TKDN, dengan tema “Mendukung Pengembangan Industri Nasional, Untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional”, di Gedung AH Nasution, Kemhan, Senin (20/5).

Bimtek ini merupakan lanjutan dari bimtek Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada tanggal 15 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Kapuskon Baranahan Kemhan menyampaikan bahwa dalam rangka membekali personel pengadaan dalam perhitungan dan penilaian verifikasi TKDN pada penerapan pengadaan barang, jasa kontruksi, jasa lainnya dan alutsista, maka para peserta diharapkan agar dapat memanfaatkan kegiatan bimbingan teknis ini dengan semaksimal mungkin.

“Secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada PT. Surveyor Indonesia yang selama ini sudah banyak membantu kegiatan penilaian,” Kata Kapuskon Baranahan Kemhan

Sementara itu, Direktur Utama PT. Surveyor Indonesia Ir. Sandri Pasambuna, S.T., M.T., menyampaikan implementasi TKDN sangat diperlukan untuk dapat mendukung produk buatan dalam negeri, sehingga industri dalam negeri dapat bertumbuh dan TKDN menjadi salah satu program yang mendukung transparansi dalam tata kelola pemerintahan.

“Kami siap mendukung acara bimbingan teknis tentang Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan TKDN, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mulai dari pedoman dasar, verifikasi dokumen,  praktek di lapangan hingga penyusunan laporan. Kami mengharapkan rekan-rekan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh serta menggali seoptimal mungkin pengetahuan dan wawasan dari para narasumber,” ujar Direktur Utama PT. Surveyor Indonesia.

Hadir sebagai narasumber PT. Surveyor Indonesia dalam bimtek ini yaitu Christobelle Bayu Angkasa Putra, Sarjuni Adicahya, S.T.,M.M., Ika Puspita Nur Aini, S.T., dan Hero Susilo, S.T. Turut hadir para Kapus Baranahan Kemhan dan para Kabid Baranahan Kemhan (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia