Kabaranahan Kemhan Buka Bimtek P3DN

Rabu, 15 Mei 2024

Jakarta – Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, M.Eng membuka Bimtek Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Bimtek ini mengusung tema “Mendukung Pengembangan Industri Nasional Kita, Untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional”, di Gedung AH Nasution, Kemhan, Rabu (15/5).

Presiden Republik Indonesia melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2022, mengingatkan pentingnya P3DN dan TKDN sabagai salah satu komponen pengungkit satu keberhasilan bangsa, selanjutnya seluruh kinerja kementerian/lembaga diwajibkan untuk dapat mengukur kinerja satuannya, bagaimana dapat menggunakan anggaran yang berorientasi pada peningkatan P3DN dan TKDN pada tugas dan fungsi kementerian/Lembaga.

Dalam sambutannya, Kabaranahan menyampaikan salah satu indikator penilaian kinerja utama pada Kementerian Pertahanan adalah implementasi penerapan penggunaan produk dalam negeri pada pelaksanaan anggaran belanja pengadaan barang dan jasa. Guna mendukung implementasi pelaksanaan P3DN, diperlukan keahlian dalam penilaian verifikasi capaian dan komitmen pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan badan sarana pertahanan Kemhan.

“Kami sangat berharap dengan pelatihan ini, dapat mendorong program pemerintah, industri, dan memperbanyak tim yang memahami penilaian TKDN. Kami berharap rekan-rekan yang melaksanakan bimbingan teknis juga bisa menjadi bagian dari tim TKDN nasional,” ujar Kabaranahan.

Sementara itu, Kepala Pusat P3DN Kementerian Perindustrian yang diwakili oleh Analis Kebijakan Pusat P3DN Kementerian Perindustrian Muhammad Rinaldi menyampaikan harapannya bahwa ke depan program ini akan mendorong terciptanya industri dalam negeri yang lebih mandiri, lebih kuat dan menjadi raja di negeri sendiri.

Hadir beberapa narasumber dalam bimtek ini yaitu Bapak Mustofa, S.Sos.,M.T.,CPSp dari Profesional Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia dan Ibu Indrani Dharmayanti, M.Si.,CPOf.,CPSp.,CCMS dari Badan Pengembangan SDM Industri, Kementerian Perindustrian.

Turut hadir mendampingi Kabaranahan Kemhan, Ses Baranahan Kemhan Brigjen TNI Heru Sudarminto dan Kepala Pusat BMN Baranahan Kemhan Marsma TNI Tisna Kurniawan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia