Sekjen Kemhan Bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan, Bahas DCC Indonesia dan Singapura

Rabu, 17 Januari 2024

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Donny Ermawan Taufanto., M.D.S., M.S.P., bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (17/1).

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai kerja sama pertahanan Indonesia dan Singapura, yaitu kelanjutan implementasi Defence Cooperation Agreement (DCA) antara Indonesia dan Singapura yang pada Desember 2022 lalu telah diratifikasi oleh DPR RI menjadi Undang-Undang.

Sekjen Kemhan dalam hal ini menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menindaklanjuti kerja sama Indonesia tentang domestic requirement dari DCA yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 Januari 2023. Terkait hal ini Kemhan RI mengajukan proposal untuk mempercepat pembentukan Defence Cooperation Committee (DCC) sebagai salah satu implementasi DCA kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sekjen Kemhan mengusulkan agar sebelum pembentukan DCC, kedua belah pihak dapat menyiapkan Term Of Reference (TOR) DCC, sehingga pertemuan DCC akan memiliki pedoman yang jelas untuk digunakan sebagai referensi bagi masing-masing pihak. Dalam upaya menyiapkan TOR tersebut, kedua belah pihak dapat menandatangani masing-masing teknis pertemuan dan perumusan draft TOR. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia