Menhan Prabowo Wujudkan Visi Penguatan Ketahanan Nasional, UGM Luluskan Dokter Pertama Prodi Ketahanan Nasional di Indonesia

Kamis, 11 Januari 2024

Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan menjalin kerja sama yang erat dengan perguruan tinggi. Beberapa waktu lalu bersama Rektor UGM, Menhan Prabowo menandatangani kerja sama yang bertujuan menciptakan sinergi antara pemerintah dan institusi pendidikan dalam mendukung kemajuan bangsa, khususnya pertahanan negara serta pengembangan pendidikan maupun teknologi pertahanan.

Menhan Prabowo menekankan bahwa para ilmuwan berada di garis depan pembangunan bangsa. Untuk itu, peran para akademisi dalam mengembangkan teknologi sangat dibutuhkan, terutama dalam rangka memperkuat pertahanan negara.

Baru-baru ini, UGM telah berhasil mencetak dan meluluskan doktor pertama, Dr. Erlan Wijatmoko, S.H., M.Han. dari program studi (prodi) Ilmu Ketahanan Nasional Sekolah Pasca Sarjana. Prodi doktor Ilmu Ketahanan Nasional UGM adalah prodi yang pertama dibuka di Indonesia.

Hal tersebut mencerminkan dan sekaligus menjadi bukti nyata dari komitmen Menhan Prabowo untuk memastikan adanya ketersediaan SDM yang handal dan berkompeten di bidang pertahanan, sejalan dengan visi penguatan ketahanan nasional.

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Tannas UGM, Prof. Dr. Armaidy Armawi, Rabu (10/1) mengatakan, Dr. Erlan Wijatmoko, S.H., M. Han., adalah lulusan doktor pertama prodi Ketahanan Nasional UGM, dan berharap dapat mendistribusikan ilmu pengetahuannya untuk memajukan masyarakat, serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia