Rakor Pembinaan Keuangan UO Kemhan, Jadi Ajang Kompetisi

Selasa, 8 Maret 2022

Jakarta – Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kemhan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pembinaan Keuangan Unit Organisasi Kemhan Tahun Anggaran 2022 di Kemhan Jakarta, Selasa (8/3). Rakorbinku yang dilaksanakan secara daring dan luring ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kemhan Brigjen TNI Sukabi ini mengambil tema “Meningkatkan Sinergitas dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara UO Kemhan” dan menghadirkan narasumber Kepala KPPN Jakarta II Ibu Lasmaria Manurung, Kepala Seksi Bimbingan Akuntansi I Direktorat APK Ditjen Perbendaharaan Kemkeu Bapak Made Krisna Aryawan, dan Kepala KPP Pratama Jakarta Gambir I Ibu Dini Nugraheni.

Dalam sambutannya, Karorenku Setjen Kemhan menjelaskan bahwa salah satu tugas Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kemhan adalah merumuskan kebijakan teknis pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan satker UO Kemhan. Penyusunan laporan keuangan UO Kemhan merupakan salah satu tugas yang diemban Rorenku Setjen Kemhan. Rakorbinku UO Kemhan tahun 2022 ini diharapkan dapat menjadi forum komunikasi penyampaian informasi dan sarana pemberian penghargaan atas penilaian terhadap kualitas laporan keuangan satker UO Kemhan tahun 2021.

Penyusunan laporan keuangan satker UO Kemhan memberikan kontribusi dalam pencapaian predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kemhan dan TNI TA 2020 dari BPK RI. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mempertahankan hasil penilaian tersebut pada Laporan Keuangan TA 2021, berbagai upaya perlu dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan mulai dari pemberian bimbingan teknis, pendampingan, sampai dengan penyusunan laporan keuangan satker UO Kemhan.

“Dan untuk memastikan hal tersebut, maka diselenggarakan Rapat Koordinasi Pembinaan Keuangan UO Kemhan Tahun 2022 ini yang merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh UO Kemhan,” jelas Karorenku Setjen Kemhan.

Pada Rakorbinku UO Kemhan tahun 2022 ini diberikan penghargaan atas laporan keuangan satuan kerja UO Kemhan tahun 2021 untuk memberikan motivasi dan semangat berkompetisi dalam peningkatan kualitas laporan keuangan. Penilaian atas laporan keuangan satker dilakukan secara bersama-sama oleh Tim Rorenku Setjen Kemhan dan Tim Itjen Kemhan dengan kriteria penilaian laporan keuangan antara lain; ketepatan waktu, penyampaian LK, kelengkapan LK, Face LK, dan CALK. Satker UO Kemhan yang mendapatkan penghargaan tersebut, terbaik pertama dari Puslapbinkuhan Kemhan, kemudian terbaik kedua dari Badiklat Kemhan dan terbaik ketiga diraih Ditjen Kuathan Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia