Kemhan Selenggarakan FGD bagi Analis Pertahanan Negara

Kamis, 28 Oktober 2021

 


Jakarta – Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang Analis Pertahanan Negara (APN) adalah membuat analisis atau karya tulis ilmiah yang merupakan tulisan hasil pokok pikiran, pengembangan dan hasil kajian atau penelitian yang disusun oleh APN itu sendiri, maupun disusun secara bersama-sama dalam satu kelompok kerja.

Karenanya, untuk meningkatkan pemahaman dalam hal penulisan analisis dan kajian-kajian, Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) bertemakan “Penggunaan Metode Analisis SWOT dalam Menghasilkan Karya Tulis/Karya Ilmiah Analis Pertahanan Negara Kementerian Pertahanan”, di Gedung OECC Kemhan, Jakarta, Rabu (27/10).

“Salah satu jabatan fungsional yang ada di Kemhan dan diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Jabatan Fungsional Analis Pertahanan Negara, Analis Pertahanan Negara (APN) adalah seorang Analis yang harus memiliki kemampuan membuat membuat analisis pertahanan negara untuk mendukung sistem pertahanan negara”, kata Kepala Biro Pegawaian (Karopeg) Setjen Kemhan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bagian Induk PNS Ropeg Setjen Kemhan Toro Djulianto, S.H., M.Si, saat membuka kegiatan FGD tersebut.

Lebih jauh Karopeg setjen Kemhan menegaskan, bahwa jabatan Analis Pertahanan Negara (APN) merupakan rumpun manajemen dan juga jabatan fungsional keahlian. Dan dengan penyelenggaraan FGD ini, diharapkan para APN mendapatkan pemahaman, wawasan, dan pengetahuan, dalam meningkatkan kompetensinya, yang pada akhirnya mampu menghasilkan karya tulis ilmiah berkualitas

Kegiatan FGD yang berlangsung mulai 27 sampai 28 Oktober 2021 tersebut, dilaksanakan secara online dan offline dengan menghadirkan dua narasumber yakni Perekayasa Ahli Madya Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Dr. Ir. H. Achmad Farid Wadjdi, MM, dan Peneliti Ahli Muda LAN RI Andi Wahyudi. Selain itu, acara ini juga diikuti oleh Ses Ditjen Strahan Kemhan yang diwakili oleh Kabag Um Ses Ditjen Strahan Kolonel Kav. Bambang Sugiharto, Ketua Persatuan Analis Pertahanan Negara Kemhan Drs. Kosniadi, MSi., pejabat eselon II dan III Kemhan, para APN Madya serta APN Muda Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia