Wamenhan RI Hadiri Peluncuran dan Bedah Buku 75 Tahun TNI Secara Virtual

Senin, 2 November 2020

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono menghadiri acara Peluncuran dan Bedah Buku “75 Tahun TNI : Evolusi Ekonomi Pertahanan, Operasi dan Organisasi Militer Indonesia : 1945-2020” secara virtual, Senin (2/11) bertempat di Ruang Kerja Wamenhan Jakarta.

Centre For Strategic and International Studies (CSIS) adalah lembaga nirlaba yang banyak mengkaji isu-isu strategis di bidang politik, ekonomi dan keamanan. Dalam rangka memperingati hari lahir Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-75 CSIS telah menerbitkan sebuah buku dengan tajuk “75 Tahun TNI : Evolusi Ekonomi Pertahanan, Operasi dan Organisasi Militer Indonesia, 1945-2020.

Wakil Menteri Pertahanan dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukan bahwa TNI adalah pilar utama bangsa yang menjaga kedaulatan negara, integritas teritorial dan keselamatan segenap bangsa Indonesia.

Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer untuk Perang atau OMP tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang atau OMSP. Melalui OMSP diantaranya TNI dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

Lebih lanjut Wamenhan menyampaikan bahwa Presiden RI telah menaruh harapan yang besar dan selalu mendukung terhadap transformasi penguatan TNI. Transformasi tersebut berupa transformasi organisasi TNI, transformasi teknologi TNI dan transformasi personel TNI yang kokoh.

Transformasi ini harus dipersiapkan baik dalam menghadapi tugas-tugas OMP maupun untuk tugas-tugas OMSP. Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis, dinamika ancaman dan perkembangan teknologi militer.

Wamenhan juga mengharapkan agar buku ini dapat menghadirkan perspektif baru dalam referensi dan literatur mengenai studi militer Indonesia (TNI). Selain itu kehadiran buku yang menyuguhkan kajian akademik ini akan berpengaruh pada karya-karya ilmiah selanjutnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, Direktur Eksekutif CSIS Mr. Philips J. Vermonte, Tim Penulis Buku 75 Tahun TNI Evan A. Laksamana, Iis Gindarsih dan Curie Maharani, Tim Pembahas Buku 75 Tahun TNI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian (Rektor Unhan), Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua PEPABRI Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Analis Pertahanan Indonesia Andi Widjajanto.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia