Prajurit TNI Merupakan Agen Perubahan Pemberantasan HIV AIDS

Kamis, 29 Maret 2018

SSI_6872....Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja Membuka Acara Diseminasi Eksternal Survei Terpadu HIV dan Perilaku (SHTP) Prajurit TNI TA. 2017. Kamis (29/3), di Gd. Piere Tendean Lt. 8 Kantor Kemhan Jakarta.

Dalam sambutan pembukanya, Sekjen Kemhan mengungkapkan bahwa tujuan Desiminasi Survei Terpadu HIV dan Perilaku (STHP) Prajurit TNI Tahun 2017 yaitu agar kita mengetahui hasil dari survey STHP Prajurit TNI yang dilakukan tahun 2017 sehingga bisa dimanfaatkan hasil survey tersebut dengan baik dan sebagai momentum bahwa, “Prajurit TNI merupakan agen perubahan pemberantasan HIV AIDS menuju Indonesia lebih baik”, ungkap Sekjen.

Ancaman negara yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa berupa ancaman nyata dan ancaman tidak nyata, salah satu ancaman nyata adalah ancaman biologi termasuk wabah penyakit.

Kemhan dan TNI telah melakukan survey pada tahun 2002, 2007, 2012, dan 2017 serta melaksanakan program penanggulangan HIV AIDS meliputi pelatihan tentang tindakan-tindakan pencegahan, penemuan kasus secara dini, pemberian perawatan, dukungan dan pengobatan serta upaya-upaya untuk menghasilkan lingkungan yang lebih kondusif untuk orang dengan HIV AIDS (ODHA) di lingkungan TNI.

Sekjen mengharapkan kepada anggota Kemhan dan TNI untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan untuk mencegah munculnya kasus-kasus HIV baru, meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan terkait HIV, dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk ODHA dengan mengurangi tingkat stigma dan diskriminasi terkait HIV.

Lebih lanjut Sekjen mengajak para pemangku kebijakan agar memahami hasil STHP Prajurit TNI Tahun 2017 untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan program dan tindakan selanjutnya sehingga nantinya bermanfaat bagi satuan TNI khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan (Dirjen Kuathan) Mayjen TNI Bambang Hartawan, M. Sc, Kapuskes TNI, Kepala RSPAD, Kemenkes, Dirkes Kuathan Kemhan, Kapusrehab Kemhan. (WND/SSI)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia