Kerjasama Pertukaran Informasi “Our Eyes” Akan Dibahas Pada Sidang ADMM Tahun Mendatang

Senin, 23 Oktober 2017

DSC_9384Filipina – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (23/10) di sela-sela sidang ke 11 ADMM dan sidang ke 4 ADMM PLUS bertemu dengan Menhan Singapura Dr Ng En Hen di Clark, Pampanga, Filipina. Dalam pertemuan ini Menteri Pertahanan kedua negara membicarakan isu keamanan kawasan terutama mengenai ancaman terorisme.

Dalam pertemuan ini Menhan Ryamizard Ryacudu juga menjelaskan mengenai kemungkinan kembalinya para militan ISIS ke negara asal dan memasuki wilayah Asia Tenggara. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Menhan Ryamizard kepada para menhan negara-negara anggota ASEAN adalah dirancangnya program “Our Eyes” yaitu kerjasama di bidang intelijen dalam upaya saling tukar informasi intelijen untuk menangkal ancaman terorisme ini. Menhan Ryamizard Ryacudu berharap, di bawah kepemimpinan Menhan Singapura pada periode berikutnya, pada sidang ADMM selanjutnya nanti kerjasama “Our Eyes” ini sudah dapat disetujui dan dirumuskan.

Sementara itu, Menhan Singapura menyambut baik usulan tersebut dan telah memasukkannya ke dalam agenda Sidang ADMM dan ADMM PLUS pada tahun depan. Menhan Singapura juga menyambut baik kerjasama trilateral maritime patrol antara Indonesia, Malaysia dan Filipina dan bersedia membantu ketika dibutuhkan mengingat pengalaman Singapura dalam melakukan pengamanan di Selat Malaka. (JLY/DAS)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia