Perwira Siswa National Defence College India Kunjungan ke Kemhan RI

Senin, 28 Agustus 2017

280817 Dirjakstra Terima NDC IndiaJakarta – Dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, perwira siswa National Defence College (NDC) India yang dipimpin Shri Abhay Tripathi melakukan kunjungan ke Kementerian Pertahanan RI di Jakarta, Senin (28/8). Direktur Kebijakan Strategis (Dirjakstra) Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Kup Yanto dalam kesempatan tersebut hadir mewakili Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto yang sedang melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Pada kesempatan pertama, Dirjakstra mengatakan bahwa pada tahun sebelumnya perwira siswa NDC India juga melakukan kunjungan ke Kemhan RI untuk berdiskusi, bertukar informasi, bertukar pengalaman dan pengetahuan sesuai dengan perspektif masing-masing terkait dengan isu-isu yang sedang berkembang. Dalam kunjungan tersebut, sejumlah 17 (tujuh belas) perwira siswa NDC India mendapat paparan tentang Buku Putih Indonesia diantaranya berisi tentang postur TNI, industri pertahanan dan bela negara.

Diungkapkan Dirjakstra, pertemuan ini sangat penting bagi kedua negara untuk meningkatkan kerjasama khususnya kerjasama pertahanan. Pertemuan ini sangat efektif dan memberi manfaat bagi kedua negara untuk membangun kerjasama yang lebih dekat lagi pada masa yang akan datang.

Mengingat letak geo-politik dan geografis Indonesia dan India yang strategis terletak diantara dua samudera, membuat kedua negara memiliki tanggungjawab yang sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan matirim. Untuk itu hubungan antara Indonesia dan India di Indo Pacific sangat memegang peranan yang sangat penting di wilayah kawasan. (ERA/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia