Terima Anggota Parlemen Inggris Lord Powel, Menhan RI Bertukar Pandangan Mengenai Situasi dan Ancaman Global

Senin, 30 Januari 2017

Jakartamenhan-terima-delegasi-parlemen-inggris – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan Anggota Independen Majelis Tinggi Parlemen Inggris Lord Charles Powell, Senin (30/1) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, keduanya saling bertukar pandangan tentang situasi perkembangan ancaman dan keamanan global saat ini diantaranya mengenai isu konflik Laut China Selatan dan ancaman terorisme.

Menhan menegaskan bahwa Indonesia menginginkan terwujudnya perdamaian dunia khususnya perdamaian di kawasan, untuk itu apabila ada perselisihan maka semua pihak diharapkan dapat saling menahan diri dan menempuh jalan dialog.

“Indonesia cinta damai dan tidak menginginkan adanya perang, dan semua negara bagi Indonesia merupakan sahabat. Tapi kalau ada yang menginginkan perang kita prihatin. Karena, kalau terjadi apa – apa yang susah adalah rakyat”, kata Menhan RI.

Dijelaskan Menhan, dapat dilihat dimana saja kalau sudah terjadi perang banyak terjadi bencana kemanusiaan dan juga kerusakan infrastruktur, sementara untuk membangun kembali infrastruktur dan semangat rakyat itu membutuhkan waktu yang sangat lama. “Kita lihat pengungsi-pengungsi banyak tidur di tenda-tenda, apalagi untuk anak anak bagaimana dengan masa depan mereka”, tambah Menhan RI.

Yang terpenting saat ini menurut Menhan RI dan harus menjadi fokus semua negara negara adalah memperkuat kerjasama untuk menghadapi ancaman bersama saat ini yaitu ancaman terorisme dan radikalisme. Karena apabila antar negara saling bermusuhan, maka pihak yang akan mendapatkan keuntungan dari situasi tersebut adalah teroris.

Sementara itu, Anggota Independen Majelis Tinggi Parlemen Inggris Lord Charles Powell dalam kesempatan menyampaikan apresiasi terkait kemajuan dan perkembangan Indonesia yang sangat luar biasa terutama di bidang ekonomi.

“Kemajuan ekonomi Indonesia berkembang sangat baik dan merupakan salah satu perkembangan ekonomi cukup pesat dan paling baik di dunia. Dan Indonesia sangat dihormati secara internasional”, ungkapnya.

Terkait potensi ancaman terorisme dan radikalisme, Lord Charles Powell juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas perkembangan yang positif dan sukses dalam langkah-langkah menangani ancaman terorisme. Menurutnya, kebijakan Indonesia dalam counter terorisme dan radiklalisme sangat baik sekali.

“Sama juga dengan Inggris ingin belajar masalah – masalah counter radikalisme ini, karena ini juga menjadi isu utama di Inggris, dimana beberapa warga Inggris pergi ke Suriah bergabung dengan ISIS dan mereka sudah kembali. Kami sedang berupaya keras agar mereka tidak melakukan tindakan terorisme”, jelasnya. (BDI/ACP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia