TNI Miliki Tekad Kuat Amankan NKRI Dengan Didukung Komponen Bangsa

Rabu, 5 Oktober 2016

Jakartatmp_6371-757950DSC_4130.JPG-1124222707, – TNI pada hakekatnya prajurit yang memiliki tekad kuat untuk siap melaksanakan tugas untuk mengamankan, menjaga dan mengawal NKRI menuju Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian dengan didukung komponen bangsa lainnya.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekjen Kemhan, Laksdya TNI Widodo saat menjadi inspektur pada upacara HUT TNI ke-71, Rabu (5/10) di Lapangan Setjen Kemhan, Jakarta. Tema yang diangkat dari HUT TNI ke 71 kali ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Moderat dan Professional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Lebih lanjut Menhan mengutarakan TNI selalu hadir dalam setiap gerak langkah pembangunan bangsa. TNI diharapkan menjadi kekuatan yang selalu disegani dan kekuatan yang mengedepankan kepentingan rakyat. “Saya yakin bahwa bersama rakyat TNI kuat dan akan terus berjuang untuk menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi segenap bangsa,” tutur Menhan

Namun jika dilihat dari tantangan tugas TNI kedepan yang semakin kompleks, Menhan juga percaya TNI akan dapat melaksanakan tugas pengabdian tersebut dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya persatuan dan kesatuan yang kokoh dan kuat antara TNI dengan rakyat.

Disampaikan juga oleh Menhan disisi lain, sistem pertahanan negara secara terus menerus disempurnakan untuk mewujudkan sistem pertahanan semesta. Selain itu kapabilitas pertahanan negara juga secara simultan ditingkatkan untuk mencapai kemampuan dalam mengatasi ancaman dan memiliki efek gentar.

“Namun penyelenggaraan pertahanan negara tersebut sesungguhnya melibatkan seluruh komponen bangsa, sehingga sinergitas antara TNI dengan komponen bangsa lainnya diperlukan” Jelas Menhan.

Menhan juga menyampaikan Kementerian Pertahanan melalui program kerjanya berupaya untuk terus mewujudkan sistem pertahanan negara yang tangguh, salah satu program prioritasnya adalah penguatan industri pertahanan dalam negeri yang penting untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI.

Ditambahkan Menhan, bangsa Indonesia patut berbangga TNI diusianya yang ke-71 tahun telah menorehkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Prestasi tersebut tidak terlepas dari kerjakeras segenap prajurit TNI termasuk para pendahulu TNI berjuang untuk mengabdi kepada negara dan bangsa. (MAW/RPL).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia