Kemhan Canangkan Gerakan Nasional Bela Negara

Selasa, 9 Desember 2014

Jakarta – DMC, Pemerintah RI telah mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 28 Tahun 2006 tentang Hari Bela Negara, sebagai hari nasional yang wajib diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Peringatan Hari Bela Negara yang diperingati setiap tanggal 19 Desember adalah dalam rangka mengenang berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1958 di Sumatera Barat.

PDRI diprakarsai oleh Mr. Sjarifuddin Prawiranegara bersama sejumlah tokoh saat itu sebagai salah satu upaya mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang nyaris berakhir akibat agresi Belanda kedua. Pada saat itu, Belanda telah menguasai ibukota negara di Yogyakarta yang disertai dengan penangkapan terhadap Presiden RI, Wakil Presiden RI dan sejumlah Menteri.

Peristiwa bersejarah tersebut menunjukan kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa membela negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara, tidak hanya diwujudkan dengan mengangkat senjata atau kekuatan militer (hard power) semata. Tetapi, Bela Negara juga dapat diwujudkan melalui bidang lain yaitu dengan kekuatan non militer (soft power) seperti perjuangan politik dan diplomasi sebagaimana yang terjadi pada 19 Desember 1948.

Peringatan Hari Bela Negara tahun 2014 ini,  akan dilaksanakan secara nasional baik di tingkat pusat maupun daerah, sekaligus pencanangan Gerakan Nasional Bela Negara. Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Tingkat Pusat rencananya diselenggarakan di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, tanggal 19 Desember 2014 dan akan dihadiri langsung oleh Presiden RI  Joko Widodo yang sekaligus akan bertindak selaku Inspektur Upacara.

Pada upacara tersebut akan dilaksanakan pula pengibaran Bendera Merah Putih terbesar ukuran 2.250 m2 dan Monas akan digunakan sebagai tiang, yang diharapkan mendapatkan Rekor Muri. Selain itu, juga akan digelar Gebyar Tarian Nusantara dari anggota Pramuka DKI Jakarta sebanyak 500 orang, Pembacaan Puisi, Free Fall dan Paramotor.

Peringatan Hari Bela Negara tahun 2014 ini sudah diawali sejak bulan November 2014, berupa kegiatan donor darah di tingkat pusat pada tanggal 21 November 2014, sedangkan di tingkat daerah dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2014.

Pada hari Minggu tanggal 21 Desember  2014 akan dilaksanakan Gerak Jalan Sehat  dan Fun bike.  Gerak Jalan Sehat akan diikuti oleh Kementerian/Lembaga, berbagai profesi, masyarakat umum, Ormas, Pelajar, Mahasiswa, Pramuka, Menwa berjumlah 5.000 orang dengan rute dimulai dari Silang Monas, Bundaran HI dan berakhir di Silang Monas.  Sedangkan Fun bike akan diikuti oleh Fun bike club dari berbagai komponen bangsa berjumlah 2.000 orang  dengan rute dimulai dari Silang Monas-Bundaran HI, Pintu 9 Senayan dan berakhir di Silang Monas.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia