MARINIR INDONESIA-THAILAND AKAN GELAR LATIHAN GABUNGAN

Kamis, 19 Juli 2012

Pesawaran, Lampung,   Korps Marinir TNI AL akan menggelar latihan gabungan bersama marinir Kerajaan Thailand, yang rencananya digelar di Pantai Caligi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.”Korps marinir merencanakan latihan gabungan bersama Kerajaan Thailand yang dimulai dari datangnya tim peninjau dari anggota marinir Kerajaan Thailand,” kata Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Alfan Baharudin saat meninjau latihan pendaratan pasukan marinir, di Pesawaran, Selasa.

Dia mengatakan, tim peninjau datang ke sini untuk melihat kesiapan Korps Marinir TNI AL untuk mengikuti latihan gabungan. Markas Besar TNI kemungkinan segera merencanakan persiapan latihan gabungan tersebut.”Ini baru sekali terjadi Kerajaan Thailand mengirimkan tim pemantau pada latihan pendaratan sejak tahun 1978 lalu,” katanya.

Dalam latihan itu pendaratan itu, Korps Marinir menurunkan 1.735 personel, dan peralatan tempur dalam sesi latihan pendaratan amfibi oleh Batalyon Tim Pendarat (BTP) Pasukan Marinir (Pasmar) II.Kerajaan Thailand dalam kesempatan itu mengirimkan empat perwira marinir berpangkat Letnan Kolonel yakni CDR Kiatkong Pan-Ohn, CDR Rerngrach Uttisen, CRD Worrawut Sliprakop dan CDR Pilan Asamang.

Keberadaan para perwira itu, lanjutnya, untuk meninjau latihan dalam rangka penjajakan latihan bersama antara Royal Tahi Marine dan Korps Marinir.”Undangan kerja sama sangat kami apresiasi sekali, saya melihat dari latihan ini marinir Indonesia menunjukan kesiapannya dalam bertempur,” kata CRD Kiatkong Pan-Ohn, di sela-sela latihan pendaratan pasukan marinir itu.

Dia mengatakan, nantinya marinir Thailand akan mengundang Korps Marinir Indonesia agar dapat melihat pasukan marinir Kerajaan Thailand.”Dari latihan tersebut saya melihat tentara marinir Indonesia siap bertempur,” kata dia.

Sumber  :   Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia