Acara Seminar Awal Pendidikan Pasis Sesko AU Angkatan ke-60 Tahun 2023

Kamis, 30 Maret 2023

Jakarta – Direktur Wilayah Pertahanan Ditjen Strahan Kemhan Laksma TNI Idham Faca S.T., M.M., menjadi Narasumber dalam Acara Seminar Awal Pendidikan Pasis Sesko AU pada tanggal 29 Maret 2023 di Graha Widya Dirgantara Sesko AU. Acara yang dilaksanakan secara daring dan luring ini juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. Ksau hadir sebagai Keynote Speech dalam seminar tersebut.

Selanjutnya dalam Seminar tersebut Direktur Wilayah Pertahanan, menyampaikan paparan yang bertemakan “Implementasi Smart Defence dalam Desain Sistem Pertahanan Ibu Kota (IKN)”, di harapkan dalam Paparan tersebut dapat menghasilkan kesamaan pemikiran yang dapat bermanfaat bagi para Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-60 terhadap rencana Sistem Pertahanan Negara di IKN Nusantara..

Dalam kesempatan yang baik ini, Direktur Wilayah Pertahanan juga menyampaikan bahwa Pemerintah telah secara resmi menetapkan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara Nusantara yang dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Dalam Rencana Induk IKN yang merupakan lampiran dari UU IKN, Pemerintah berencana akan membangun Ibu kota negara yang ideal “The Best City on Earth”, yaitu IKN sebagai simbol identitas bangsa; modern dan berstandar internasional; cerdas, hijau, indah, dan berkelanjutan; tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif; serta sabagai penggerak kesetaraan ekonomi di Indonesia Timur. Berpindahnya Ibu Kota ke Kalimantan maka Center of Gravity (CoG) bangsa Indonesia akan berpidah ke Kalimantan Timur.

Hal ini perlu diikuti dengan pembangunan sistem pertahanan negara untuk melindungi IKN Nusantara.     ($)

Dokumentasi  :  Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia