Pertemuan 3rd JDCC RI-Pakistan

Selasa, 31 Mei 2022

Bandung – Pada tanggal 30 – 31 Mei 2022, Ditkersinhan Ditjen Strahan Kemhan telah melaksanakan pertemuan JDCC ke-3 tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual. Pertemuan 3rd Round Pakistan – Indonesia Joint Defence Cooperation Committee (JDCC) telah dilaksanakan di Swiss Bell Hotel, Dago Heritage, Bandung. JDCC merupakan forum dialog kerjasama pertahanan antar Kemhan kedua negara sebagai implementasi MoU RI-Pakistan yang dipimpin oleh pejabat setingkat Dirjen Kemhan. Pelaksanaan JDCC yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2019. Pada JDCC tahun ini Delegasi RI dipimpin oleh Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr.rer.pol Rodon Pedrason, M.A dan didampingi oleh Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan, serta perwakilan staf dari Ditjakstrahan Ditjen Strahan Kemhan, Balitbang Kemhan, Baranahan Kemhan, Ditjen Pothan Kemhan, Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan, Bakamla, Sops Angkatan, Puskersin TNI, PMPP TNI, Skomlek TNI, Pusinfolahta TNI, Satsiber TNI, PT PINDAD, PT DI, PT PAL, PT. Len dan Direktorat Asselteng Ditjen Aspasaf Kemlu. Pada pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Athan Pakistan di Jakarta. Sedangkan delegasi Pakistan dipimpin oleh Rear Admiral Fasial Amin yang didampingi staf Kemhan Pakistan serta Athan RI di Islamabad.

Pertemuan 3rd Round JDCC RI bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja sama yang komprehensif guna meningkatkan kerja sama pertahanan bilateral yang didasarkan pada prinsip – prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah negara masing – masing dan untuk tujuan damai sebagaimana telah ditetapkan dalam Piagam PBB dan norma – norma hukum internasional lainnya yang diakui secara universal. Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa topik terkait kerja sama pertahanan antar kedua negara diantaranya tentang kebijakan pertahanan, peran militer kedua negara dalam menghadapi pandemi Covid-19, peran Pakistan pada proses perdamaian di Afganistan, China Pakistan Economic Corridor (CPEC) serta pembahasan kerja sama militer dan industri pertahanan kedua negara.

Dalam pertemuan yang berjalan hangat tersebut diakhiri dengan pertukaran plakat dan penyerahan souvenir antar Ketua delegasi kedua negara dengan Athan di masing-masing venue pertemuan.   ($)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia