DIRJEN RENHAN NARA SUMBER KEGIATAN PEMANTAPAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN LEMHANNAS RI

Jumat, 26 Juli 2024

Dirjen  Renhan Nara Sumber Kegiatan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan  LEMHANNAS RI Laksamana Muda TNI Supo Dwi Diantara S.T., M.Tr.Opsla., IPU., M.A., M.S.P., APEC Eng.

Dalam kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang dilaksanakan oleh Lemhannas RI pada tanggal 26 Juli 2026 dengan peserta dari SMANDEL Business Network, Ikatan Alumni ITB, Indonesia Financial Group dan BPJS Ketenagakerjaan, Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Renhan Kemhan), Laksda TNI Supo Dwi Diantara menjadi salah satu Nara Sumber kegiatan tersebut. Materi yang disampaikan oleh Dirjen Renhan membahas “Potensi Alumni Lemhannas Berwawasan Kebangsaan dalam mendorong Visi Indonesia Emas”. Semangat kebangsaan yang dibangun melalui kegiatan Lemhanas tahun 2024 ini, dikuatkan Laksda TNI Supo dengan memberikan gambaran visi besar pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas di tahun 2045 akan cepat terwujud melalui dukungan komunitas kebangsaan yang solid dan berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Raya, Indonesia yang Kuat, Terhormat dan Sejahtera.

Sesuai amanah Bapak Prabowo Subianto bahwa kunci kesuksesan Indonesia untuk mencapai Visi Indonesia Emas adalah soliditas putar putri bangsa ini dalam semangat persatuan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa menjadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang Kuat, Terhormat dan Sejahtera. Oleh karena itu Laksda TNI Supo selaku Dirjen Renhan Kemhan mengajak peserta pemantapan nilai-nilai kebangsaan untuk bersedia dan selalu siap untuk menjadi agen-agen kebangsaan yang terus membina diri dan bersama-sama bersinergi untuk membangun Indonesia.

Dalam paparannya, Laksda TNI Supo Dwi Diantara menekankan pentingnya kepemimpinan nasional yang komprehensif, integral, holistik, integratif, dan profesional. Beliau menyoroti potensi besar alumni Lemhannas yang berasal dari berbagai wilayah tanah air dengan latar belakang yang beragam. Potensi tersebut, menurutnya, dapat menjadi kekuatan utama dalam kebijakan nasional termasuk bidang pertahanan, keamanan, diplomasi, manajemen krisis, dan pembangunan nasional.

Selain itu, Laksda TNI Supo juga membahas konsep “Ketahanan Nasional” yang mencakup kemampuan negara untuk mempertahankan kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan masyarakat dari berbagai ancaman. Beliau menegaskan bahwa ketahanan nasional merupakan fondasi untuk mencapai keamanan dan kemakmuran, yang pada gilirannya akan mendorong tercapainya Visi besar Indonesia Emas 2045.

Diakhir materi dan diskusi, Laksda TNI Supo mengajak seluruh peserta untuk sama-sama menggelorakan semangat kebangsaan dengan semboyan komunitas kebangsaan…

Siapa Kita? …Indonesia

Indonesia!!! …Hebat, Wajib Kita Jaga!!!

Untuk Apa Kita? …INDONESIA RAYA!!!

 

Sebagai penutup, Laksda Supo mengajak seluruh peserta untuk terus membina diri dan bersinergi membangun bangsa. “Mari kita bersama-sama menjadi agen kebangsaan yang terus berkomitmen dalam membangun dan mempertahankan kekuatan bangsa,” ajak beliau.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, Dirjen Renhan Kemhan optimis bahwa visi Indonesia Emas 2045 akan segera terwujud dengan dukungan penuh dari seluruh elemen bangsa.

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia