PUSREHAB KEMHAN PERINGATI HARI KELAHIRAN PANCASILA

Senin, 5 Juni 2023

Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melaksanakan upacara peringatan Hari Pancasila dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” di lapangan Mako Pusrehab Kemhan Jl. RC. Veteran No.178 Bintaro Jakarta Selatan (01/05/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kolonel Ckm dr. Sunaryo Kusumo, M.Kes, Sp. OT (K) Kepala Bidang Rehabilitasi Medik, sedangkan Komandan Upacara Mayor Inf Wagiman Instruktur Penyelia Pusrehab Kemhan.

Dalam amanatnya Menteri Pertahanan Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan bahwa ditinjau dari berbagai aspek, Pancasila menjamin kebersamaan, keberagaman dan keberadaan seluruh komponen bangsa dalam rangka kehidupan bernegara. Menhan juga berharap Pancasila tetap lestari untuk menjadi falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia serta dijadikan jati diri bangsa yang merupakan batas-batas pembenaran dalam bertindak dan berperilaku.

Dengan adanya perkembangan modernisasi dan globalisasi di segala bidang , telah mengubah struktur demografi masyarakat sebuah negara. Salah satu modal kekuatan dan pengikat persatuan bangsa Indonesia adalah dengan cara memperkuat identitas bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa. Betapa pentingnya menjaga rasa kebangsaan, bela negara serta wawasan kebangsaan yang kuat diperlukan agar tidak terpengaruh ideologi asing serta paham-paham yang merusak nilai-nilai kehidupan pesan Menteri Pertahanan Republik Indonesia.(Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia