SOSIALISASI REHABILITASI TERPADU DI PONTIANAK

Selasa, 9 Mei 2017

IMG_20170504_091011   IMG_20170504_091057   DSC_0118 DSC_0044   DSC_0046   DSC_0188

Kegiatan Rehabilitasi Terpadu Pusrehab Kemhan di wilayah Pontianak pada tanggal 3 s.d. 5 Mei 2017 dilaksanakan di Ma Kodam XII/Tpr. Tim Rehabilitasi Terpadu terdiri dari Bidang Rehabilitasi Medik, Bidang Rehabilitasi Vokasional, dan Bidang Rehabilitasi Sosial, serta Bagian Tata Usaha dipimpin oleh Kapusrehab Kemhan.   Kegiatan ini antara lain melaksanakan Sosialisasi tentang Tugas dan Fungsi Pusrehab Kemhan berupa paparan dan tanya jawab yang dihadiri oleh para pejabat personalia dan para penyandang disabilitas di lingkungan Kodam XII/Tpr, Lantamal XII, Lanud Supadio, Yonko 465 Paskhas, dan Denhanud 473 Paskhas Pontianak.

Acara diawali dengan Sambutan Pangdam XII/Tpr yang dibacakan oleh Aslog Kodam XII/Tpr Kolonel Inf. Haryono, kemudian Sambutan Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Achmad Dewanto, Sp.PD., dilanjutkan paparan tentang Tugas dan Fungsi Pusrehab Kemhan oleh Kabag TU Pusrehab Kemhan Kolonel Ckm Ngateno, SMPh.,S.A.P., M.Mhan.

Tim Rehabilitasi Medik melaksanakan pemberian alat bantu berupa 2 buah Kursi Roda, 1 buah Tongkat Tripot dan 1 buah Tongkat Canadian, secara simbolis diserahkan oleh Kapusrehab Kemhan kepada 2 penyandang disabilitas pada saat acara sosialisasi dan kepada 2 penyandang disabilitas yang dikunjungi (home visit).

Tim Datin melaksanakan pendataan penyandang disabilitas dengan membagikan formulir data penyandang disabilitas kepada seluruh penyandang disabilitas yang hadir, melaksanakan pemberian brosur Pusrehab Kemhan dan melakukan dokumentasi kegiatan. Pemberian buku peraturan perundang-undangan tentang penyandang disabilitas kepada perwakilan pejabat personalia Kodam XII/Tanjungpura, Lantamal XII, Lanud Supadio, Yonko 465 Paskhas, dan Denhanud 473 Paskhas, diberikan secara simbolis oleh Kabag TU Pusrehab Kemhan.

Tim Rehabilitasi Sosial melaksanakan kegiatan Home Visit (kunjungan rumah) ke 2 orang penyandang disabilitas, yaitu Praka Ahmad Soleh NRP. 31080169770586, kesatuan Denma Dam XII/Tpr, alamat: Perum Kota Raya Blok N 41 Ds. Kapur Pontianak, macam kecacatan: post fraktur kedua tangan dan tulang paha kanan, pergelangan tangan kiri kaku, flexi elbow terbatas, lutut tidak bisa ditekuk, kaki mengecil dan memendek, jalan menggunakan tongkat. Dan ke Pratu Riduansyah NRP. 31090223390689, kesatuan Kodim 1202/Singkawang, alamat: Desa Parit Banjar RT 05 RW 03 Kec. Mempawah Timur Kalimantan Barat, macam kecacatan kelumpuhan empat anggota gerak (tetraplegia).

Untuk rencana kegiatan Akselerasi Rehabilitasi Terpadu di wilayah Pontianak dan Mempawah, Tim Rehabilitasi Vokasional melaksanakan koordinasi dengan 2 Balai Latihan Kerja (BLK) yaitu ke ULKI (Unit Latihan Kerja dan Industri) Provinsi Kalimantan Barat di Jln. Abdul Rachman Saleh Pontianak, dan ke LLK-UKM (Loka Latihan Kerja-Usaha Kecil Menengah) Mempawah di Jln. Daeng Menambon KM. 64 Mempawah Kalimantan Barat.

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia