PUSREHAB KEMHAN PERINGATI HARI DISABILITAS INTERNASIONAL

Rabu, 13 Desember 2023

Wakil Menteri Pertahahan RI M. Herindra  menghadiri acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Pusrehab RS. dr. Suyoto Kemhan, Jakarta, Selasa (12/12). Kehadiran Wamenhan ini mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto

“Kemhan akan terus memperjuangkan peningkatan aksesibilitas, pengembangan pendidikan inklusif, dan pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas,” kata Menhan Prabowo dalam sambutannya, yang disampaikan oleh Wakil Menteri Pertahanan.Selanjutnya, Menhan Prabowo menginginkan agar Hari Disabilitas Internasional ini dijadikan tonggak sejarah perjuangan keadilan, kesetaraan dan inklusivitas; agar di masa depan, hak setiap individu tanpa terkecuali diakui dan dihormati sepenuhnya. “Ternyata banyak penyandang disabilitas tidak mendapat kesempatan yang sama terhadap akses pekerjaan maupun akses lainya.

Untuk itu, Kemhan sangat mengapresiasi adanya kerja sama dan kolaborasi antarkementerian, termasuk dengan Kementerian Investasi/BKPM serta BPJS Ketenagakerjaan, dalam mengupayakan pemberian kesempatan yang sama bagi semua orang, tak terkecuali kaum difable,” ujar Wamenhan.

Adapun kerja sama antarkementerian ini sendiri mulai digagas tahun ini; yang ditandai dengan penerbitan 1200 Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Kementerian Investasi/BKPM. NIB ini sendiri memiliki kekhususan karena diberikan kepada para pelaku UMKM penyandang disabilitas dan para mitra. NIB ini merupakan legalitas terintegrasi untuk berwirausaha, yang dilengkapi dengan sistem OSS (One Single Submission) berbasis risiko.

Acara ini juga dihadiri oleh Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Daniel Lumayo wartoadi, Sp.Rad, para eselon III dan IV Pusrehab Kemhan dan RS. dr. Suyoto, personil pusrehab dan RS. dr. Suyoto, para mantan siswa disabilitas RTD dan RTC baik secara offline dan online.(Subbag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia