KAPUSREHAB KEMHAN ‘LIVE’ DI SKETSA KELUARGA INDONESIA

Rabu, 4 Agustus 2021

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kapusrehab Kemhan) Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S menjadi salah satu nara sumber di acara Sketsa Keluarga Indonesia, sebuah program radio Heartline Network yang disiarkan secara live streaming youtube (4/8). Selain Kapusrehab Kemhan, nara sumber lainnya yakni Kennedy Jennifer Dhillon, seorang penulis buku “Berdampak Melampaui Keterbatasan”, sebuah buku yang penuh inspirasi.

Acara ini dipandu oleh seorang Host Radio Heartline Network Riama Silitonga. Selain kedua nara sumber tadi, diujung telpon tersambung dua orang penyandang disabilitas personel TNI yakni Kopka Puji Sumartono dan Koptu Nazori.

Dalam wawancaranya, Jenderal bintang satu ini menegaskan bahwa Pusrehab Kemhan adalah sebuah institusi di Kementerian Pertahanan yang core bisnisnya adalah merehabilitasi penyadang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan seluruh Indonesia. Menariknya, masyarakat umum juga berhak mendapatkan rehabilitasi, namun rehabilitasi yang dimaksud adalah khusus untuk rehabilitasi medik yang dimiliki oleh Pusrehab Kemhan dalam hal ini adalah RS dr. Suyoto Pusrehab Kemhan.

Senada dengan hal tersebut, penulis buku inspiratif Mba Kenn (Kennedy,red) mengucapkan terima kasih kepada Kapusrehab Kemhan yang telah memberikan kesempatan dan akses yang luas untuk mengenal lebih jauh tentang Pusrehab Kemhan untuk dikenalkan kepada masyarakat luas melalui sebuah buku, Pusrehab Kemhan keren banget, sambungnya. Sedangkan kedua penyandang disabilitas yang dihadirkan tersebut, lebih banyak mengajak bagaimana memotivasi dan mengembangkan diri terutama bagi para rekan sesama penyandang disabilitas untuk menjadi yang lebih baik bahkan berkarya melampaui sebuah keterbatasan.

Diakhir acara Kapusrehab Kemhan memberikan closing statement bahwa Pusrehab berupaya untuk menyalurkan apa yang menjadi harapan para penyandang disabilitas karena keterbatasan tidak boleh menjadi penghambat untuk dapat berkarya lebih baik lagi dan menjadi insan yang mandiri, profesional dan punya jiwa entrepreneurship. Beliau menambahkan bahwa kedepannya akan ‘melindungi’ para penyandang disabilitas dengan cara menjadi inisiator tentang payung hukum dan kegiatan lainnya serta menyampaikan bahwa Pusrehab Kemhan untuk saat ini telah bekerja sama dengan Kementerian Lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial dalam hal pengembangan potensi melalui kegiatan vokasional/keterampilan dan bagi masyarakat umum bisa mendapatkan berbagai layanan kesehatan melalui perumahsakitan. Bagi yang belum menyaksikan acara ‘live’ ini, dapat mengakses di channel youtube heartline network. (Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia