REKONSILIASI LRA WILAYAH DAN ESELON I SEMESTER I TA. 2024

Kamis, 25 Juli 2024

Kapuslapbinkuhan Kemhan, Brigjen TNI Delvi, S.I.P.,M.Si.,CFrA, pada Rabu, (24/7) membuka rapat Rekonsiliasi LRA Wilayah Eselon I Semester I TA. 2024 di rupat Puslapbinkuhan Kemhan, Gd. A.H. Nasution Lt. 16, Kemhan. Rapat dihadiri Auditor dari Itjen Kemhan, para pejabat eselon III dan IV dari jajaran Kemhan dan TNI dan para pejabat keuangan Kemhan dan TNI.

Pada awal sambutannya Kapuslapbinkuhan Kemhan menyampaikan bahwa rapat rekonsiliasi LRA Wilayah dan Eselon I yang dilaksanakan ini merupakan rapat yang perlu dilaksanakan dalam rangka memperoleh kesesuaian data perencanaan dan data realisasi anggaran yang tepat, akurat dan akuntabel guna mendukung penyusunan laporan keuangan semester I TA. 2024 yang memadai dari tingkat satker sampai dengan tingkat kementerian. Lebih jauh Beliau menyampaikan bahwa penyusunan laporan keuangan disusun berdasarkan hasil rekonsiliasi internal secara berjenjang yang dituangkan dalam bentuk berita acara rekonsiliasi (BAR) dan rekonsiliasi eksternal yang dituangkan dalam surat hasil rekonsiliasi (SHR), sedangkan rekonsiliasi LRA yang dilaksanakan ini bukan hanya untuk mendapatkan kesesuain data laporan realisasi anggaran saja namun juga untuk mendapatkan kesesuaian data laporan keuangan tingkat satker yang telah dikonsolidasikan oleh seluruh Kaku selaku UAPPA-W dan selanjutnya akan direkonsiliasikan dengan data laporan keuangan tingkat eselon-I (Unit Organisasi).

Kapuslapbinkuhan juga menyampaikan bahwa Laporan Keuangan Kemhan TA. 2023 Audited yang disusun pada bulan Mei lalu menggunakan aplikasi SAKTI telah dapat disusun secara memadai tepat waktu dan mendapatkan penilaian terbaik dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI. Untuk itu melalui kesempatan rapat Rekonsiliasi LRA ini, mewakili segenap pimpinan Kemhan, Kapuslapbinkuhan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua yang telah bekerja keras dan menunjukkan loyalitas dan dedikasi yang tinggi sehingga LK Kemhan TA. 2023 Audited dapat tersusun secara memadai.

Diakhir sambutannya Kapuslapbinkuhan berharap para peserta rapat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini untuk saling memberikan informasi dan berkoordinasi guna memperoleh data yang tepat dan akurat, sehingga penyusunan Laporan Keuangan Kemhan Semester I TA. 2024 dapat menghasilkan laporan yang memadai, akuntabel dan berkualitas.

      




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia