PENYERAHAN SERTIFIKAT KELAIKAN MILITER ALAT PENYEBERANGAN AMPHIBIOUS PONTON SET

Thursday, 17 December 2020

Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M menandatangani dan menyerahkan Sertifikat Kelaikan Militer Alat Penyeberangan Amphibious Ponton Set/M3 Amphibious Bridging and Ferrying System produksi Excalibur International sebagai manufaktur asal Cekoslowakia. Kegiatan penandatanganan dan penyerahan Sertifikat Kelaikan dilaksanakan di ruang kerja Kapuslaik Kemhan RI lantai 10 Gedung A.H Nasution kepada Bapak Dani perwakilan PT. Republik Deffensindo sebagai reprensentatif Excalibur International Cekoslowakia sekaligus penyedia materiil Alat Penyeberangan Amphibious Ponton Set. Dalam kegiatan ini Kapuslaik Kemhan didampingi oleh Kabid Kelaikan Darat Kolonel Cpl Dadang Hidayat S.Sos,. M.M. Kegiatan berjalan lancar dengan selalu memperhatikan dan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Penandatanganan dan penyerahan Sertifikat Kelaikan Militer Alat Penyeberangan Amphibious Ponton Set/M3 Amphibious Bridging and Ferrying System Set dilaksanakan setelah seluruh rangkaian proses kegiatan Sertifikasi Kelaikan Militer yang meliputi kegiatan Aplikasi, Verifikasi Dokumen/Review Document, Pemeriksaan Kesesuaian/Conformity Inspection dan Pengujian Fungsi/Functional Test yang telah dilaksanakan oleh Tim IMLA (Indonesia Military Landworthiness Authority).

Jika melihat dari kalimat amphibi, tentu kendaraan ini dapat digunakan di darat maupun dalam air. Fungsinya untuk jembatan atau proyeksi bagi kendaraan tempur seperti Tank dan kendaraan Kovensional lainnya dalam menangani hambatan air. Selain perannya sebagai sistem integrasi pada jembatan ponton, M3 juga punya fungsi sebagai wahana ferry untuk menyeberangkan Kendaraan Tempur (Ranpur) atau Logistik. Mekanismenya dua ponton disambungkan dapat menjadi kapal ferry yang bisa menjadi alat untuk fasilitas penyeberangan. Pengguna dari kendaraan tersebut adalah Satuan Zeni Tempur (Zipur) TNI AD yaitu Batalyon Zipur 9/1 Kostrad Bandung dan Batalyon Zipur 10/2 Kostrad Pasuruan serta Pusdikzi Bogor.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia