INSTRUKTUR NCB PERANCIS LAKSANAKAN TRAINING KODIFIKASI UNTUK KATALOGER NCB INDONESIA

Senin, 1 Agustus 2016

Training CIMD 001_20131016074217

Semakin maju dan moderennya pengelolaan Materiil Logistik dan tuntutan profesionalisme maka NCB Indonesia mendatangkan Instruktur Profesional dari CIMD Perancis untuk meningkatkan kemampuan kataloger.

Puskod baranahan kemhan NCB Indonesia berkewajiban melakukan pengembangan SDM dengan pelatihan kerja untuk meningkatkan kemampuan bidang kodifikasi materiil sistem NSN, khususnya kepada para Kataloger. Kerja sama dengan NCB perancis untuk melaksanakan pelatihan kodifikasi sistem NSN yang dilakukan oleh instruktur dari NCB perancis memberikan manfaat yang penting dalam peningkatan kualitas SDM yang ada di Puskod Baranahan Kemhan.

Pelatihan kodifikasi dilaksanakan oleh Mr. Pierre yves gouriou dari NCB perancis, diadakan selama satu minggu pada tanggal 17 s.d 20 juli 2012 bertempat di ruang kelas Puskod Baranahan Kemhan. Adapun materi pelatihan yang diberikan selama kegiatan tersebut antara lain:

  • Briefing and assesement.
  • How to create NCB.
  • Organization structure and development.
  • Analysis and collect of elements to optimize the codification process.
  • Item name classes.
  • Proposals from CIMD to optimize the codification.
  • Identification of item (references)
  • Identification  of item (characteristics).
  • How to make curriculum for catalogers education.
  • General review and the key points.
  • Technical assistence.

Pelatihan tersebut diikuti oleh para pejabat eselon III dan IV Puskod Baranahan kemhan dan 18 orang kataloger. Selama kegiatan assessment kepada para kataloger Puskod, narasumber memberikan rekomendasi tentang transaksi data dan proses identifikasi menggunakan NCORE-NG. Hal ini sejalan dengan pengembangan yang sedang dikerjakan oleh Puskod Baranahan Kemhan selaku NCB Indonesia yaitu sistem aplikasi yang mendukung sistem NCORE-NG untuk transaksi data kodifikasi dari dan ke Puskod dan antar Angkatan serta industri. Dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Mr. Pierre yves gouriou dari NCB Perancis para Kataloger mendapatkan pengetahuan tambahan tentang sistem kodifikasi SOPRANO dan SACRAL yang digunakan oleh NCB Perancis untuk melakukan identifikasi materiil.

Pengetahuan yang didapat para Kataloger sangatlah bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan kodifikasi dunia serta meningkatkan kemampuan para kataloger dalam melaksanakan proses kodifikasi dengan sistem dan teknologi terbaru yang digunakan oleh Puskod selaku NCB Indonesia. Pemanfaatan sistem NCORE-NG belum optimal karena beberapa Tools pada sistem tersebut belum dimanfaatkan. Dengan pelatihan ini maka para kataloger bisa memanfaatkan secara maksimal sistem NCORE-NG.Pada kesempatan tersebut NCB Indonesia dan CIMD selaku NCB Perancis berkeinginan untuk tetap melanjutkan kegiatan kerja sama pelatihan kodifikasi sehingga para kataloger yang berada di Puskod Baranahan Kemhan selalu dapat mengikuti perkembangan kodifikasi dunia. Hambatan yang selama ini ditemui oleh para kataloger dalam melaksanakan proses kodifikasi dapat langsung ditanyakan kepada nara sumber dimana tidak semua kataloger mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu lanjutan di luar negeri. Hal ini sejalan dengan harapan Puskod Baranahan Kemhan dimana dengan mendatangkan instruktur dari NCB perancis maka keseluruhan kataloger yang ada dapat belajar dan berlatih serta adanya efisiensi waktu dan biaya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia