Sosialisasi Aplikasi Layanan Data Terbuka Kemhan

Monday, 17 January 2022

Jakarta, 17 Januari 2022. Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta Satu Data Indonesia (SDI), Pusdatin menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Layanan Data Terbuka Kemhan. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2022 dan kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2022. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Untung Surapati Lt. 3 Pusdatin Kemhan. Kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kapusdatin Kemhan Brigjen TNI Dede Mulyana, S.Sos., M.Tr(Han) serta dihadiri oleh pejabat Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Kemhan. Adapun dalam sambutannya, Kapusdatin Kemhan menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi Aplikasi Layanan Data Terbuka Kemhan ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan aplikasi dan tata cara penggunaan aplikasi ini kepada seluruh Satker di lingkungan Kemhan sebagai produsen data di Kemhan. Data yang dihimpun dalam aplikasi dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Kapusdatin Kemhan berharap kepada Bag Datin Satker untuk mendukung penggunaan aplikasi ini. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan nilai SPBE Kemhan.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan paparan oleh Kabid Banglola Sisfohan Kemhan Pembina IV/a Syamsu Rizal, S.Kom., M.MHan dan simulasi aplikasi Layanan Data Terbuka Kemhan oleh Bapak Handi. Para peserta memberikan saran dan masukan agar aplikasi terus dikembangkan menjadi lebih sempurna. Dengan adanya aplikasi Layanan Data Terbuka diharapkan Kemhan dapat berperan serta dalam memberikan data yang dapat diakses oleh publik terkait Pertahanan Negara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia