KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN DITJEN POTHAN KEMHAN 9 s.d. 15 AGUSTUS 2018

Kamis, 16 Agustus 2018

1

Kegiatan kunjungan ke Perpustakaan Ditjen Pothan Kemhan dilaksanakan dari tangal 9 s.d. 15 Agustus 2018 bertempat di Ruang Perpustakaan Ditjen Pothan Kemhan Lt. 3 Gd. R. Soeprapto dipimpin oleh Kabag Datin Setditjen Pothan Kemhan Kolonel Chb. Ir. Bagus Artiadi M.Si. Kunjungan ini dihadiri oleh perwakilan Direktorat Ditjen Pothan Kemhan yang terdiri dari Direktorat Komponen Pendukung sejumlah 13 Orang; Direktorat Veteran sejumlah 10 Orang; Direktorat Bela Negara sejumlah 9 Orang;Direktorat Komponen Cadangan sejumlah 16 Orang dan Direktorat Teknologi dan Industri sejumlah 8 Orang. Dalam kunjungan ini Kabag Datin Setditjen Pothan Kemhan Kolonel Chb. Ir. Bagus Artiadi M.Si. juga memberikan Penjelasan tentang perpustakaan (online dan offline) Penyegaran updating Sistem Informasi Potensi Pertahanan (SIPP) serta Penyegaran penggunaan internet.

Bagian Data dan Informasi Setditjen Pothan Kemhan mempunyai tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pelaksanaan penyiapan bahan pengolahan data dan penyajian informasi, pemberian dukungan teknis di bidang pengelolaan komputer dan jaringan komunikasi data serta dokumentasi dan kepustakaan di lingkungan Ditjen Pothan Kemhan. keberadaan Perpustakaan Ditjen Pothan merupakan bagian dari unit kerja yang dikelola berdasarkan sistem yang baku dalam menyediakan fasilitas diantaranya buku sebagai referensi, tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis yang dipergunakan oleh pemakai/pembaca sebagai sumber informasi penunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guna mendukung kelancaran dan keberhasilan pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran di Program Kerja Ditjen Pothan Kemhan.

4Hasil capaian yang telah dilaksanakan dari kegiatan ini diantaranya sebagai berikut :

1) Secara umum gangguan jaringan di seluruh Ditjen Pothan Kemhan telah tertangani dan berjalan dengan lancar dan baik.

2) Jumlah penambahan buku di tahun 2018 sebanyak 160 buku terdiri dari 58 buku fisik, online sebanyak 102 buku dan bantuan buku dari perpustakaan nasional sebanyak 188 buku.

3) Jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan Ditjen Pothan sampai saat ini 7.410 buku terdiri dari 5.597 buku riil dan 1.813 buku Online.

4) Ketersediaan perangkat dan sistem pendukung untuk menjamin data yang selalu update.

5

Kegiatan kunjungan ke perpustakaan Ditjen Pothan Kemhan ini berlangsung dengan baik dan lancar dan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. (Red. Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia