HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL (HAKTEKNAS 2018) DI PROVINSI RIAU 9 s.d 10 Agustus 2018

Jumat, 10 Agustus 2018

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si mewakili Menhan RI menghadiri Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke -3 pada tahun 2018 yang diselenggarakan pada hari 9 s.d. 10 2018 di Gedung Daerah Pauh Panggi Kompleks Gubernuran Provinsi Riau. Turut hadir pada acara tersebut, Presiden RI Ketiga BJ Habibie, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X, para Kepala LPNK, pejabat Eselon I dan II kementerian dan lembaga, Direktur BUMN, Pimpinan dan Anggota AIPI, DRN dan DRD.

1

Launching Hakteknas ini dihadiri Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) RI Mohammad Nasir dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Hakteknas tahun ini Kemenristekdikti mengambil tema “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Industri” dengan sub tema “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0”, serta tagline “Inovasi Membangun Negeri”. “HAKTENAK merupakan suatu momentum yang sangat penting terkait dengan INOVASI, negara yang menang adalah negara yang selalu menyelenggarakan inovasi yang membuat maju negara tersebut, inovasi dapat digunakan sebagai kunci utama dalam memenangkan persaingan di era globalisasi “. Dalam revolusi industri yang sedang berlangsung saat ini yaitu Revolusi Industri 4.0 atau “Cyber Physical System” dimana barang – barang yang dijual tidak terlihat lagi secara fisik tetapi ada dalam dunia digital, hal tersebut merupakan bagian dari hasil Inovasi yang merubah proses konvensional yang sudah ada sebelumnya oleh karena itu Inovasi merupakan hal yang sangat penting dimana dalam menata proses transformasi struktur ekonomi kita ke arah industri berteknologi tinggi hingga mencapai creative innovation, maka kunci utamanya adalah berinovasi.

2

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia yang dirintis dengan adanya penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995. Pesawat tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia telah berhasil menumbuhkan inovasi dan jiwa mengembangkan iptek nasional, oleh karena itu merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sebagai suatu bentuk komitmen dalam mewujudkan kemajuan Teknologi dan Inovasi di Indonesia.“ Kegiatan Harteknas di Riau berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. (Red. Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia