Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke – 29 Primer Koperasi Sumber Daya Mandiri Ditjen Pothan Kemhan Tutup Buku TA. 2017

Senin, 26 Maret 2018

rat1

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primer Koperasi Ditjen Pothan Kemhan pada tanggal 26 Maret 2018 bertempat di Gedung R. Soeprapto Lt. 8 Aula Bela Negara dihadiri oleh Sesditjen Pothan Kemhan, Direktur Ditjen Pothan Kemhan, Kapuskop Kemhan, Ka Sudin Kop dan UKM Kodya Jakarta Pusat atau yang mewakili dan seluruh anggota Koperasi Sumdaman Ditjen Pothan Kemhan.

rat2Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi dalam kehidupan berkoperasi. pelaksanaan RAT juga dipandang sebagai perwujudan azas profesionalisme kepengurusan koperasi. oleh karena itu Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini adalah momentum untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh anggota. Forum ini diselenggarakan dengan maksud untuk menyampaikan pertanggung jawaban pengurus dalam melaksanakan tugasnya dan sampai sejauh mana hasil yang dicapai oleh koperasi sebagai pembantu pimpinan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota.

rat3

Pentingnya peranan pengurus koperasi dalam menjalankan tugasnya. disamping perlunya azas profesionalisme, pengurus juga harus memiliki jiwa wirausaha untuk berusaha mencari cara terbaik agar membuat koperasi kita semakin berkembang. Diharapkan agar pengurus koperasi mampu mengubah pandangan tentang koperasi yang bersifat negatif dan memunculkan pandangan baru, wawasan baru, paradigma baru yang mampu membuat citra koperasi membaik dimata anggotanya maupun dimata masyarakat.

rat4

Oleh karena itu diminta agar para anggota dalam mengambil barang-barang lewat koperasi benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. peminjaman uang melalui usipa diharapkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, anggota juga mampu memberdayakan usipa dengan cara tidak hanya meminjam tetapi juga mau menyimpan/menabung di usipa itu sendiri. ciptakan upaya-upaya yang menarik agar anggota mau menyimpan uangnya di usipa, jika perlu dengan memberikan imbalan yang menarik. Dengan demikian diharapkan koperasi bukan hanya berubah citranya, tetapi dipihak lain juga membawa kemajuan dan peningkatan bagi kesejahteraan anggota.

rat5

Kita semua harus menyadari bahwa maju mundurnya usaha koperasi tidak hanya tergantung kepada pengurus tetapi juga ditentukan oleh partisipasi anggotanya. Marilah kita tingkatkan kepedulian kita kepada koperasi, sehingga koperasi kita dapat terus berkembang sejajar dengan pelaku ekonomi yang lain.

rat6

Keberadaan koperasi akan terasa manfaatnya apabila partisipasi anggotanya dari tahun ke tahun dapat ditingkatkan. Dan diharapkan dalam forum ini, tercapai musyawarah untuk mencapai mufakat yang menjadi acuan dalam menentukan masa depan koperasi agar keberadaannya dapat selalu dirasakan oleh anggotanya.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia