Dukungan Penuh Kementerian Pertahanan untuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Tahun 2024 (Gernas BBI/BBWI 2024)

Sabtu, 22 Juni 2024

Bandung, 22 Juni 2024 – Bertempat di Braga City Walk, Brigjen TNI Imanuel Pasaribu, S.I.P. (Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Gernas BBI/BBWI 2024 untuk Provinsi Jawa Barat, pada kegiatan Soft Opening Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024 menyampaikan bahwa Kementerian Pertahanan mendukung penuh peningkatan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kreatif di Jabar melalui business matching dengan potential buyer.

Sebelumnya pada tanggal 20 Juni 2024 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Gernas BBI-BBWI Jawa Barat di Rupat Disperindag, yang dipimpin oleh Kepala Disperindag Jabar dan dihadiri oleh perwakilan dari Kemhan RI. Selanjutnya dihari Jumat pada tanggal 21 Juni 2024, telah digelar Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jawa Barat dengan agenda utama yaitu: Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Konsumen Cerdas Tahun 2024.

Soft Opening KKJ PKJB 2024 dibuka oleh Kepala Disperindag Jabar, Noneng Komara Nengsih sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan BEJA (Bewara Jawa Barat). Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman turut membuka dan memberikan sambutan sebagai salah satu rangkaian pembuka gelaran megah Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kerajinan Jawa Barat serta pembukaan Pasar Kreatif Bandung Store, BeJa (Bewara Jawa Barat).

KKJ-PKJB 2024 juga mendukung digitalisasi yang inklusif melalui program QRIS Jelajah Indonesia yang dirangkaikan dengan West Java Industrial Meeting (WJIM) sebagai wadah diseminasi Kebijakan Likuiditas Makroprudensial (KLM) dan Local Currency Transaction (LCT) bagi pelaku usaha guna menjaga stabilitas keuangan, mendorong pembiayaan perbankan, meningkatkan realisasi investasi serta menjaga stabilitas nilai tukar.

Sebanyak 27 Dekranasda Kab/Kota se-Jawa Barat turut meramaikan kegiatan dengan melakukan showcasing produk kreatif unggulan masing-masing wilayah. Jawa Barat menjadi daerah yang melakukan pengadaan barang dan jasa produk dalam negeri mencapai 80 persen dengan target 95 persen di tahun 2024. Sementara Business Matching P3DN diikuti oleh 38 industri kecil, menengah dan besar yang telah memilki produk ber-TKDN seperti : alat kesehatan, furnitur kantor, seragam, peralatan elektronik, air minum dalam kemasan, dan otomotif yang diharapkan mampu memenuhi permintaan kebutuhan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Kementerian Pertahanan ikut serta dan mendukung penuh rangkaian kegiatan Gernas BBI/BBWI di Provinsi Jawa Barat yang merupakan bagaian dari program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran pemerintah daerah dan industri pendukung akan pentingnya mengelola produk buatan indonesia dan wisata nusantara. (Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia