SOSIALISASI UNDANG – UNDANG NO 23 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SUMBER DAYA NASIONAL UNTUK PERTAHANAN NEGARA DAN REKRUTMEN KOMPONEN CADANGAN MATRA DARAT TA. 2023 DI KODAM XIII/MDK

Kamis, 26 Januari 2023

Sebagai bentuk mendukung Program pemerintah dalam upaya pembentukan Komponen Cadangan, Kodam XIII/Merdeka bersama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggelar sosialisasi Undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara dengan prioritas kegiatan yang dilaksanakan adalah Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat TA 2023. Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha yang diikuti oleh seluruh satuan jajaran Kodam XIII/ Merdeka melalui metode tatap muka dan melalui Video Conference di Aula Grahadika Jaya Sakti Makodam, pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2023.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa komponen cadangan di bentuk untuk memperkuat dan memperbesar kemampuan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dalam menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

Dalam Sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh yang dibacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta S. Sos., M.Si., bahwa untuk meningkatkan kekuatan pertahanan negara, pemerintah telah memperluas peran masyarakat dalam upaya pertahanan negara melalui rekrutmen pembentukan Komcad.

Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa landasan hukum yang digunakan pada perekrutan Komcad Tahun 2023 di wilayah Kodam XIII/MDK ini yaitu Undang-Undang No 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Undang-undang ini merupakan dasar untuk menuju kejayaan Indonesia di tahun 2045 yang diharapkan masyarakat Indonesia pada akhirnya memiliki semangat Bela Negara yang tinggi. Dalam Sosialisasi tersebut juga dilaksanakan tentang mekanisme rekrutmen Komponen Cadangan TA. 2023.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia