PERINGATAN NUZULUL QURAN

Selasa, 28 Mei 2019

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si, dan seluruh anggota Setditjen Pothan Kemhan menghadiri peringatan Nuzulul Quran, pada hari Selasa tanggal 28 Mei 2019, bertempat di Gd. A.H. Nasution Lt 16, dipimpin oleh Menteri Pertahanan Bapak Ryamizard Ryacudu kegiatan ini dihadiri oleh Para Pejabat Eselon I,II ,III dan seluruh anggota Kemhan. Menteri Pertahanan dalalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Quran harus diresapi dihayati dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hidup kita akan lebih bermakna penuh kasih sayang antar sesama, terutama kepada keluarg, setelah pengarahan kegiatan dilanjutkan ceramah yang disampaikan oleh Ustad Rizal Muhamad denga tema Memperingati Nuzulul Quran Tahun 1440 H 2029 M, kita jadikan Alquran sebagai pedoman dalam memantapkan disiplin dan profesionalisme personel Kementerian Pertahanan”.

Ustad Rizal Muhamad dalam ceramahnya menyampaikan bahwa manusia hidup di muka bumi bagaikan seorang musafir yang sedang mengembara, Allah SWT telah memberikan sebuah kitab sebagai buku panduan perjalanan yang diturunkan melalui Malaikat Jibril AS kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Amiirussafar dari dunia menuju akhirat, yaitu Alquranul Karim. Allah SWT telah mengatur seluruh kehidupan manusia. Prinsip-prinsip yang diperlukan manusia dalam kehidupan ini telah disebutkan dalam Alquran; pokok-pokok akidah, tata cara beribadah, konsep-konsep perekonomian, perpolitikan, tatanan sosial, kerumahtanggaan, dan lain sebagainya. Aktivitas umat manusia bila dikelola sesuai dengan petunjuk Alquran, akan mendatangkan keberkahan dan kebaikan. Karena, itulah ketentuan Allah. “Jikalau sekiranya penduduk negeri negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.

Kunci-kunci rezeki dan keberkahan dari langit dan bumi adalah ketika manusia takut kepada Allah, takut bermaksiat kepada-Nya, dan takut akan ditimpa azab oleh-Nya karena hidupnya jauh dari Alquran. Inilah di antara hikmah di balik Nuzulul Quran, ketika Allah SWT memuliakan bulan Ramadhan dengan berbagai keutamaan. Salah satu keutamaan terbesarnya adalah diturunkannya Alquran pada salah satu malam di bulan suci Ramadhan yang disebut dengan Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan Wallahu a’lam.(Red Bag Datin)

.KOMENTAR,SARAN,MASUKAN KIRIM KE:komentar.pothan@kemhan.go.id

. FOTO-FOTO KEGIATAN…




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia