Teknologi Internet Sebagai Ancaman dan Peluang di Era Modern

Senin, 26 Agustus 2024

Oleh: Agus Syamsudin, S.I.P., M.T. Analis Pertahanan Negara Madya Setditjen Pothan Kemhan

Pendahuluan.

Internet adalah sistem jaringan komputer yang pada awalnya digagas oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, dengan nama proyek ARPA dan selanjutnya disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Sistem tersebut didemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merupakan bentuk jaringan, dengan kehandalan sistem tersebut banyak informasi dan data yang dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Awalnya proyek ARPA itu dirancang untuk kepentingan militer, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem koneksi jaringan komputer tersebar di beberapa daerah yang rawan serangan nuklir dan untuk menghindari terpusatnya informasi, dimana apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada publik di bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara Amerika Serikat ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET perlu dirancang dalam sistem yang lebih kompleks. Setelah ARPANET semakin kompleks, dibagi dua menjadi “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pengertian.

Internet merupakan kepanjangan dari interconnected networking, yang dapat diartikan sebagai hubungan komputer dengan berbagai tipe. Internet merupakan sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari miliaran komputer di dunia. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi baik itu telepon maupun satelit yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya. TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik dalam transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, serta mengatur dan mengirimkan paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada disekitar kita. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet, salah satunya kita dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan atau Indihome. Dengan memanfaatkan internet, para pengguna komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dengan cara saling kirim email, terhubung dengan komputer lainnya, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Pada tahun 1982, karena banyaknya komputer yang bergabung maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang menghubungkan semua komputer dan jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di tahun 1984 kemudian diperkenalkan sistem penamaan domain yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun 1990-an.

Fungsi Internet.

Internet awal mulanya adalah proyek yang diciptakan untuk keperluan pribadi sesuatu negara, tetapi sekarang ini telah menjadi kepentingan umum. Hampir seluruh orang di dunia pada saat ini telah bisa mengoperasikan internet. Bahkan adapula dibeberapa tempat umum pada saat ini internet yang bisa di nikmati dengan gratis yang disiapkan untuk kepentingan umum.

Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin mengalami kemajuan. Pada awalnya internet memiliki fungsi yang sempit, tapi sekarang fungsi tersebut menjadi semakin luas, sampai kita kesulitan menyebutkan satu per satu fungsi dari internet tersebut, secara garis besar fungsi internet tersebut bisa dikelompokkan menjadi beberapa saja. Quarterman dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:

  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

  2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp, dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

  3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

  4. Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini, pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita seharihari, maka internet sering di sebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia maya).

Internet berfungsi sebagai media komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai tempat di seluruh dunia. Kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak di seluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronicmail (E-mail). Selain fasilitas Electronicmail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah Usenet, yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topik tertentu melalui buletin elektronik. Dengan menggunakan forum ini, pengguna dapat mengirim pesan mengenai topik tertentu dan menerima tanggapan dari pihak lainnya.

Internet terkoneksi juga dengan ratusan katalog perpustakaan, sehingga pengguna dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah ataupun niralaba. Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan bisnisnya, sehingga bisa mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing dan perkembangan kepentingan para stakeholder. Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher, Archie dan Wide Area Information Servers. Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi. Sekarang ini banyak situs-situs yang melakukan penjualan barang dan jasa lewat internet. Kebanyakan orang pada saat ini lebih menikmati berbelanja produk atau barang lewat internet, karena merasakan lebih mendapat kemudahan.

Fasilitas Yang Terdapat di Internet.

Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat jika tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan di atas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Beberapa fasilitas aplikasi yang ada dalam internet adalah sebagai berikut:

  1. WORLD WIDE WEB (WWW). Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai “web” saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru dalam melakukan identifikasi istilah web dengan internet. Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Untuk membuat Hypertext, dikembangkan sebuah bahasa program khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa program ini disebut Hypertext Markup Language (HTML). File ini biasanya berextention *.html. Agar file yang berisi Hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL). Karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dewasa ini, tersedia beragam perangkat lunak browser. Beberapa diantaranya cukup populer dan digunakan secara meluas, contohnya seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, maupun Opera, namun ada juga beberapa produk browser yang kurang dikenal dan hanya digunakan di lingkungan yang terbatas. Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link (sambungan) dengan dokumen lainnya, baik yang tersimpan dalam webserver yang sama maupun di webserver lainnya. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan “berkelana” dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar). Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google dan Yahoo!.

  2. Electronic Mail (Email). Email atau kalau dalam istilah Indonesia, surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email. Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas pengiriman email dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet), dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox. Sebaliknya, bagi pengguna email berbasis web, seluruh kegiatan email harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian, untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP (Internet Service Provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau Yahoomail (mail.yahoo.com). Beberapa pengguna email dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat email. Setiap email yang ditujukan ke alamat email kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis dibentuk atas dasar kesamaan minat tertentu, dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).

  3. Telnet. Telnet adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log-in) sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada dikomputer tersebut. Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host. Protokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network). Telnet dikembangkan sebagai suatu metode yang memungkinkan sebuah terminal mengakses resource milik terminal lainnya (termasuk hard disk dan program-program yang terinstall didalamnya) dengan cara membangun link melalui saluran komunikasi yang ada, seperti modem atau network adapter. Dalam hal ini, protokol Telnet harus mampu menjembatani perbedaan antar terminal, seperti tipe komputer maupun sistem operasi yang digunakan. Aplikasi Telnet umumnya digunakan oleh pengguna yang memahami secara lebih teknis di internet. Dengan memanfaatkan Telnet, seorang administrator sistem dapat terus memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa harus mengakses sistem secara fisik, bahkan tanpa terkendala oleh batasan geografis. Namun demikian, penggunaan remote login, khususnya Telnet, sebenarnya mengandung resiko, terutama dari tangan-tangan jahil yang banyak berkeliaran di internet. Dengan memonitor lalu lintas data dari penggunaan Telnet, para cracker dapat memperoleh banyak informasi dari sebuah host, dan bahkan mencuri data-data penting sepert login name dan password untuk mengakses ke sebuah host. Kalau sudah begini, mudah saja bagi mereka-mereka ini untuk mengambil alih sebuah host. Untuk memperkecil resiko ini, maka telah dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan Telnet dalam melakukan remote login. Dengan memanfaatkan SSH, maka paket data antar host akan dienkripsi (diacak) sehingga apabila “disadap” tidak akan menghasilkan informasi yang berarti bagi pelakunya.

  4. File Transfer Protocol. Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP). FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan proses upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya. Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan yang populer digunakan saat ini antara lain adalah Cute FTP dan WS_FTP. Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik proses upload maupun proses download.

  5. Gopher. Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna Iternet dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas tersebut disebut Gopher yang menyediakan akses informasi hanya berupa teks.

  6. Chat Groups. Salah satu layanan komunikasi langsung di internet adalah Internet Relay Chat (IRC). Layanan ini memungkinkan para pengakses internet melakukan chatting atau percakapan dengan pengakses internet lainnya dalam sebuah ruang chatting yang sama. Beberapa ruang chatting tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas teks, tapi juga grafik, suara, dan video. Ini berarti bahwa penggunanya tidak hanya dapat berkomunikasi lewat teks, tapi juga dapat menampilkan gambar, suara, dan video (melalui fasilitas webcam).

  7. News Grup dan User’s Network atau Jaringan Pengguna. Usenet, singkatan dari user’s network, adalah salah satu fasilitas di internet yang mirip dengan Bulletin Board System (BBS). Usenet digunakan untuk membaca dan mengirim pesan (biasanya disebut “articles” atau “posts“) kepada satu atau lebih kelompok kategori. Dari segi aktivitas yang dilakukan para pengakses, usenet dan newsgroup merupakan forum diskusi. Usenet biasanya terdiri atas serangkaian newsgroups yang dibuat berdasarkan minat dan topik diskusi. Dengan kata lain, newsgroup adalah bagian dari usenet. Menurut Oetomo (2007), newsgroup ibarat papan komunikasi di mana setiap orang bebas mencari informasi yang dibutuhkan serta memberikan informasi yang dimilikinya. Setiap orang bebas memberikan komentar terhadap suatu masalah yang ada dan komentar akan terbaca pula oleh para pemakai newsgroup. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, fasilitas ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk berdiskusi tentang topik yang diinginkan. Hanya saja berbeda dengan fasilitas Internet Relay Chat (IRC) yang dijelaskan di atas, karena bentuk komunikasi yang ditawarkan newsgroup ini adalah asinkronos. Artinya bahwa komunikasi antar pengakses tidak secara langsung pada waktu yang bersamaan.

Terobosan dan Pengaruh Internet.

Jumlah pengguna internet sekarang ini telah semakin bertambah mencapai jutaan, bahkan mungkin milyaran, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber berbagai informasi, baik yang positif ataupun negatif. Dengan begitu cepatnya perkembangan internet, maka ada beberapa negara yang membuat beberapa kebijakan terkait dampak pengaruh internet. Sebagai contoh, antara lain yaitu:

  1. Iran meluncurkan “Mehr” Situs Video Sharing berbahasa Persia sebagai Alternatif YouTube. Iran telah meluncurkan situs video online semacam Youtube yang dianggap layak di tonton di negara tersebut. Website berbagi video Iran bernama Mehr (http://www.mehr.ir) yang memiliki arti kasih sayang/affection yang ditargetkan bagi pengguna berbahasa Persia dan bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Iran. Memang situs semacam ini diperlukan di Iran yang merupakan negara Islam yang ketat menyensor jaringan internet, di mana Youtube juga merupakan salah satu situs yang disensor sejak pertengahan tahun 2009 sehingga mereka merasa perlu membuat sendiri situs video semacam Youtube untuk konsumsi domestik.

  2. Tiongkok dan Rusia melakukan upaya kontrol Internet. Amerika Serikat menuding Tiongkok dan Rusia semakin banyak membelanjakan dana mereka pada teknologi pengamatan untuk mencegat komunikasi. Amerika juga menuding kedua negara itu sedang mencoba untuk mengontrol Internet. “Banyak negara Timur Tengah, Rusia, Tiongkok dan lain-lain, Saya percaya, akan semakin agresif untuk mencoba mengendalikan internet,” kata Alec Ross, penasihat senior Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, dalam sebuah jumpa pers di Jenewa, Kamis, 7 Maret 2013. Di Tiongkok ada beberapa program mesin pencarian yang diblokir, seperti Facebook, Instagram, dan Google. Sebagai alternatif pengganti Tiongkok mengembangkan platform lokal dengan nama Baidu sebagai pengganti Google dan Weibo sebagai pengganti Facebook dan Twiter. Untuk Video Streaming Tiongkok membuat Youku Tudou sebagai pengganti YouTube.

Dampak positif dari pengaruh internet.

Internet telah banyak membantu manusia dalam beberapa aspek kehidupan, sehingga internet mempunyai andil cukup besar dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet banyak hal dapat kita lakukan baik positif maupun negatif. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Internet menjadi media untuk mencari informasi atau data, dengan perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi. Banyak kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia bisa mengetahui banyak hal yang terjadi di dunia.

Pada era sebelum internet berkembang, orang harus membuka berbagai jenis buku, radio, atau televisi untuk mendapatkan informasi, tapi kini dengan bantuan internet, semua info seakan membanjir. Banyak pelajar yang sudah memanfaatkan kegunaan situs-situs tertentu. Cukup dengan berkunjung ke wikipedia, para pelajar bisa dengan mudahnya googling untuk mencari materi untuk menyelesaikan tugas dari sekolah. Kita juga dapat menggunakan internet untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan, dapat berteman dengan siapa saja dari mana saja. Kita juga dapat berlatih kemampuan bahasa asing dari teman-teman baru yang dikenal dari internet. Secara umum beberapa manfaat internet bagi kita antara lain yaitu:

  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

  2. Internet menjadi media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web atau jaringan situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

  3. Kemudahan mendapatkan informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi ditempat yang jauh.

  4. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang bidang tertentu seperti pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

  5. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak positip internet terhadap berbagai hal sangatlah besar. Dari hasil pengamatan, penggunaan internet pada telephone genggam, bisa diketahui semakin lama menjadi semakin penting dan semakin banyak. Fasilitas internet seperti e-mail, situs web (www), YM (Yahoo Massenger) dan berbagai jejaring sosial seperti facebook sudah sangat popular, baik sebagai sarana komunikasi maupun alat untuk mencari data. Selain itu, penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang biasa digununakan para pengguna internet. “Bahasa Internet” tergantung pada siapa dan dengan siapa pengguna internet berkomunikasi. Karena dampak positif internet sangat banyak, maka suka tidak suka, kita menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dengan berbagai resikonya.

Dampak Negatif Penggunaan Internet.

Walaupun banyak manfaat positif yang dapat diperoleh dari internet, namun tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh internet. Dampak Negatif Penggunaan Internet secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Cybercrime. Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bisa melintasi batas negara, dilakukan secara illegal, menimbulkan kerugian sangat besar, dan cukup sulit dalam melakukan pembuktian secara hukum.

  2. Violence dan Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu, seperti kekerasan dan kesadisan.

  3. Carding. Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), maka cara belanja dengan menggunakan media belanja online adalah cara yang banyak digunakan para pengguna internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi secara online dan mencatat kode/password yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

  4. Perjudian. Dampak negative lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Dalam beberapa kasus perjudian online ini menimbulkan kecanduan.

Internet juga mengurangi sifat sosial manusia untuk berinteraksi langsung, karena masyarakat menjadi cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dengan berubahnya sifat sosial Masyarakat maka mengakibatkan perubahan pola hidup masyarakat dalam berinteraksi. Beberapa kasus kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet, dan hal ini membuat kejahatan di dunia maya juga ikut berkembang. Hal negatif lainnya bisa membuat seseorang kecanduan, adalah pornografi dan judi online.

Kesimpulan.

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat besar dalam kehidupan manusia pada saat ini, tanpa teknologi tersebut mungkin peradaban manusia tidak dapat berkembang secepat seperti sekarang. Kemajuan teknologi membuat aktivitas kehidupan manusia menjadi serba cepat, serta kehidupan dunia seperti tanpa batas melalui jaringan internet.

Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga menjadi semakin maju. Internet adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin milyaran, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif.

Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam interaksi sesama manusia. Dunia internet semakin berarti dan mempengaruhi prilaku manusia dalam berinteraksi. Internet memungkinkan kita mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu.

Pengenalan Internet kepada anak-anak sejak usia dini menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi prilaku interaksi sosial, hal ini berpengaruh pada masa depan suatu kelompok masyarakat. Diperkirakan Teknologi Informasi ini akan semakin berkembang dan akan banyak digunakan di masa depan. Oleh karena itu, banyak orang tua yang sangat antusias untuk memperkenalkan Internet kepada anak-anaknya guna menyambut masa depan. Berbagai macam Ilmu Pengetahuan yang berguna bagi perkembangan anak dapat ditemukan di Internet. Akan tetapi di sisi lain, setiap perkembangan teknologi tidak luput dari dampak negatifnya. Oleh karena itu kita perlu bijaksana dalam menggunakan internet, dan sudah sepatutnya hal ini menjadi kewaspadaan nasional karena akan berdampak pada hal yang lebih makro.

Saran

  1. Melakukan pengawasan dan kebijakan kenggunaan internet, hal tersebut didasarkan, perlu adanya pengawasan yang lebih ketat terhadap penggunaan internet, terutama bagi anak-anak dan remaja. Pemerintah, sekolah, dan orang tua harus dapat bekerja sama dalam menciptakan lingkungan digital yang aman dan edukatif.

  2. Menerapkan filter pada konten dan pengawasan penggunaan internet oleh orang tua dan guru dapat membantu meminimalisir dampak negatif yang mungkin timbul.

  3. Meningkatkan keamanan digital. Dalam menjalankan langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan digital harus menjadi prioritas. Langkah-langkah tersebut seperti.

  1. Mengembangkan sistem keamanan yang lebih baik.

  2. Memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya menjaga keamanan data pribadi dan bagaimana mencegah penipuan atau serangan siber.

Sehingga dengan adanya beberapa langkah tersebut, diharapkan internet dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tujuan positif, sekaligus meminimalisir dampak negatif yang mungkin muncul.

Daftar Pustaka.

  1. Suprihatin. 2011. Makalah Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Kehidupan Remaja. Ponorogo.

  2. Maffuh, Benyamin dkk. 1996. Penuntun Belajar Sosiologi II. Bandung: Ganeca Exact Bandung.

  3. Sudirman. 2007. Teknologi informasi dan komunikasi.Jakarta: Depdiknas.

  4. Syamsuardi. 2004. Teknologi informasi dan komunikasi yudistira.

  5. http://www.m-edukasi.web.id/2013/13/01/pengertian-teknologi-informasi-dan.html

  6. http://ruri-wawa.blogspot.com/2012/07/peranan-tik.html?m=1

  7. http://sartickha-blogger.blogspot.com/p/pengaruh-manfaat-dampak-negatif-dan.html?m=

  8. https://sugiyantoptikelas1xf.wordpress.com/

  9. http://www.scribd.com/doc/238648

  10. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/

  11. http://rakim-ypk.blogspot.com/2008/06/dampak-teknologi-terhadap-kehidupan.html


 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia