DIRJEN POTHAN KEMHAN MENGHADIRI ACARA DIALOG KEBANGSAAN DAN PEMBERIAN PENGHARGAAN KAMPUNG PANCASILA TAHUN 2023

Sabtu, 9 Desember 2023

Jakarta (8/12/2023), Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. mewakili Menteri Pertahanan RI menghadiri acara Dialog Kebangsaan dan Pemberian Penghargaan Kampung Pancasila Tahun 2023 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

Acara dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., beliau menyampaikan bahwa Kampung Pancasila merupakan bentuk inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, baik di tingkat desa maupun Kota yang masyarakatnya beragam. Tujuan akhirnya menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan damai di wilayah itu, dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bersama. Kegiatan ini merupakan inisiasi bersama TNI AD, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) dan PT. Astra Internasional Tbk. dan mengusung tema “Kampung Pancasila Sebagai Wadah Kebhinnekaan dan Toleransi”.

Turut hadir para tokoh sesepuh bangsa Indonesia, seperti mantan Wapres ke-6 RI, Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno. Para tokoh agama, tokoh budaya, perwakilan Pemda, serta pejabat tinggi negara seperti Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Wantimpres Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi), dan Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Whisnu Bawatenaya juga menghadiri kegiatan tersebut.

Pada acara tersebut Kasad memberikan penghargaan kepada desa dan kota yang telah berhasil menerapkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila di daerahnya. Untuk Kategori Desa, Juara I adalah Desa Sipaku Area Kodim 0202/Asahan Kodam I/Bukit Barisan,sedangkan untuk kategori Kota Juara I diraih Kecamatan Girimulyo Kodim 1705/Nabire Kodam XVII/Cenderawasih. Kasad berharap, ajang apresiasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa di era teknologi yang saat ini semakin masif.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia