Pameran Seoul Aerospace and Defence Exhibition (ADEX) 2023

Minggu, 22 Oktober 2023

Dirjen Pothan Kemhan RI Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. mewakili Menhan RI menghadiri pembukaan Seoul International Aerospace and Defence Exhibition (Seoul ADEX) 2023 yang diselenggelarakan di Seoul Airport, selasa 17 Oktober 2023.

Pameran ADEX adalah pameran pertahanan terbesar dan terlengkap di Kawasan Asia Timur Laut yang diselenggarakan dua tahunan yang menjadi ajang prestius dan bargengsi bagi industri dirgantara dan pertahanan Internasional. Seoul ADEX menampilkan pameran pesawat terbang, peralatan darat, tampilan statis terbang,dan penerbangan demo di dalam dan luar ruangan.

Indonesia mengirimkan delegasi yang dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan RI Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. yang didampingi oleh Kabalitbang Kemhan RI Marsda TNI H. Haris Haryanto, Ses Baranahan Kemhan RI Brigjen TNI Heru Sudarminto, Kasubdit Prokerma Dit Tekindhan Kolonel Kav S. Iskandar dan beberapa perwakilan Industri Pertahanan Indonesia.

Salah satu momen penting dalam kunjungan ini adalah penampilan perdana pesawat prototipe Korea Aerospace Industries (KAI) diacara pameran pertahanan Seoul ADEX.  Sebuah KF-21 model Single-Seat terbang sebagai bagian dari upacara pembukaan bersama dengan pesawat Angkatan Udara Republik Korea Selatan lainnya. Tak hanya itu, sebuah KF-21 model Twin Seat yang merupakan prototipe keenam dan kedua dengan kursi ganda juga tampil dalam pameran ini. Pesawat tersebut menampilkan bendera Indonesia dan Korea Selatan dimana ini mencerminkan kolaborasi yang kuat antara kedua negara dalam pengembangan pesawat ini.

Selain menyaksikan pameran, pada kunjungan tersebut, Dirjen Pothan Kemhan RI melakukan pertemuan dengan Dirjen DAPA Mr. Noh Jamin yang membidangi program KFX/IFX. Pertemuan tersebut digelar untuk memperkuat hubungan Kerjasama Industri Pertahanan antara Indonesia dengan Korea Selatan. Disamping itu, Dirjen Pothan Kemhan RI dan delegasi juga menyaksikan penandatanganan kerjasama (Partnership Agreement) antara LIG Nex1 dengan PT Republik Defence Indo, MoU antara PT Multipar Pertahanan Indonesia dengan Poongsan serta MoU antara PT Kemah Internasional dengan Qverse Lab, Nearthlab, Nes & Tech dan Dymstec Korea.

Kunjungan Dirjen Pothan Kemhan RI dan Delegasi menunjukkan kehadiran Pemerintah yang selalu berpihak untuk mendukung penuh industri pertahanan Indonesia, juga menjadi bukti bahwa kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam mengembangkan teknologi pertahanan yang canggih serta memperkuat hubungan bilateral di bidang pertahanan.

 

 

    




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia