KEMENTERIAN PERTAHANAN MENGAJAK PERANGKAT DESA DI KAB.KENDAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BELA NEGARA

Kamis, 21 September 2023

Kendal- Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia memberikan Sosialisasi Bela Negara kepada para Perangkat Desa di Kabupaten Kendal, Rabu (20/09/2023) hingga Kamis (21/09/2023) bertempat di Hotel Sae Inn Kendal.

Sosialisasi yang dibuka oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan) Mayor Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT. Kegiatan ini dihadiri juga Direktur Bela Negara Brigjen TNI G. Eko. Sunarto SP.D., MS.i , Kasubdit Lingkungan Pekerjaan dan juga oleh Wakil Bupati Kendal, Forkopimda Kendal, Kepala BNPT Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Dinas Kominfo Prov. Jawa Tengah, Kepala Bakebangpol Provinsi Jawa Tengah, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal, serta 250 Perangkat Desa dan Kecamatan Kabupaten Kendal.

 

Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan, Kendal merupakan salah satu wilayah yang sangat dekat dengan Kota Semarang atau bisa dikatakan kendal juga merupakan salah satu penyangga Jawa Tengah yang memiliki indeks pembangunan yang baik, sehingga diproyeksikan menjadi salah satu kabupaten yang maju di wilayah Jawa Tengah.

“Kemajuan daerah ini harus diimbangi dengan kesadaran bela negara, sehingga masyarakatnya akan bisa berfikir lebih baik dalam menghindari berbagai bentuk ancaman seperti halnya perpecahan,” tutur Dirjen Pothan Kemhan.

Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan bela negara ini, warga Kendal akan terus bisa menjaga kekompakan dan memiliki satu visi, sehingga bisa mencapai target-target pembangunan yang diharapkan oleh Pemerintah Daerah.

Dalam sosialisasi ini Direktorat Bela Negara menyampaikan akan pentingnya Nilai-nilai Dasar Bela Negara, Rencana Induk Pembinaan Kesadaran Bela Negara 2020 – 2045 guna mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia Emas 2045 oleh Kasubdit Lingja Ditjen Pothan Kemhan. Selain itu, ada pula narasumber lain yaitu Kepala BNPT Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Dinas Kominfo Prov. Jawa Tengah, serta Kepala Bakebangpol Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar, aman dan antusias peserta sangat tinggi dengan banyaknya pertanyaan tentang bela negara. (Red. Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia