SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER FAKULTAS HUKUM UPN VETERAN JAWA TIMUR

Kamis, 13 Juli 2023

Kamis (13-07-2023). Sesditjen Pothan Kemhan, Laksma TNI Sri Yanto mewakili Ditjen Pothan Kemhan sebagai narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional dan Call for paper dengan Tema : “Perkembangan Teknologi Kelautan Sebagai Tantangan Stabilitas Perairan Nasional Negara Republik Indonesia”.

Seminar Nasional dan Call for Paper diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur pada hari Kamis, 13 Juli 2023 di Hotel The Southern Hotel Surabaya yang dihadiri oleh civitas akademis UPN Veteran Jawa Timur dan perwakilan dari Universitas-universitas di Lingkungan Jawa Timur.

Selaku narasumber Sesditjen Pothan Kemhan menyampaikan presentasi dengan judul: “Penggunaan underwater drone dalam Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang”. Sedangkan narasumber lainnya Laksda TNI (Purn) DR. Agung Pramono, S.H., M.Hum (Dosen Fakultas Hukum Universitas Hang Tuah Surabaya) menyampaikan presentasi dengan judul: “Aktivitas kapal perang negara asing di wilayah ZEE Negara Indonesia”.

Yang mendasari Seminar ini adalah masifnya perkembangan teknologi dan adanya tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam menjaga stabilitas perairannya di tengah penggunaan teknologi yang semakin berkembang. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh Indonesia adalah aktivitas kapal perang negara asing di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Negara Indonesia dihadapkan dengan belum sinkronnya aturan terkait Kapal Perang dan Underwater Drone baik di UNCLOS dan peraturan perundang-undangan lainnya. Hal ini menimbulkan potensi pelanggaran teritorial dan hak-hak kedaulatan negara Indonesia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia