NGOPI DARING BELA NEGARA “KARYA ANAK BANGSA INDUSTRI PERTAHANAN SEBAGAI WUJUD BELA NEGARA”

Senin, 30 Januari 2023

Karya Anak Bangsa Industri Pertahanan sebagai Wujud Bela Negara diantaranya membahas bagaimana industri pertahanan mewujudkan semangat bangga akan buatan Indonesia (sisi industri), menyiapkan generasi masa depan yang mengikuti perkembangan industri pertahanan dalam negeri, dan realisasi sikap Bela Negara. Pada kegiatan ngopi daring ini dihadirkan beberapa narasumber, yaitu Direktur Business Development PT. Surya Sentra Ekajaya Bapak Budhi Murniawan, Project Leader PT. Caputra Mitra Sejati Bapak Muhammad Ghufron, dan Direktur Business Development PT. Aero Terra, Bapak Heru Gunawan, Direktur Bela Negara Brigjen TNI Sarwono B.Sc., S.IP., PSC dan Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan, Marsekal Pertama TNI Ir. Wajariman, M.Sc.

Bela Negara merupakan tekad, sikap dan perilaku, serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara, yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari ancaman.

Industri Pertahanan menurut UU Nomor 16 tahun 2012 adalah industri nasional yang terdiri atas badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik swasta (BUMS) baik secara sendiri maupun berkelompok yang ditetapkan oleh pemerintah untuk sebagian atau seluruhnya menghasilkan alat peralatan pertahanan dan keamanan, jasa pemeliharaan untuk memenuhi kepentingan strategis di bidang pertahanan dan keamanan yang berlokasi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu bentuk karya anak bangsa industri pertahanan sebagai wujud Bela Negara adalah bentuk apresiasi kepada PT. Sentra Surya Ekajaya (SSE), PT. Caputra Mitra Sejati, dan PT. Aero Terra yang telah bekerja dengan jiwa Bela Negara memproduksi kendaraan tempur untuk angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara. Ngopi Daring Bela Negara yang dilaksanakan di studio ngopi daring lt.8 Gd. R. Soerapto, Ditjen Pothan Kemhan berjalan dengan tertib dan lancar.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia