UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN PEMBULATAN KOMPONEN CADANGAN KEMENTERIAN PERTAHANAN RI TA. 2022

Rabu, 31 Agustus 2022

Batujajar, Selasa (31/08). Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Upacara Pembukaan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan TA. 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Udara Suparlan Pusdiklatpassus Batujajar ini dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dan turut hadir Dan Pusdiklatpassus, para Direktur, Dan Rindam, Dan Satdik serta para Pejabat Eselon III Ditjen Pothan Kemhan.

Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan rasa terimakasih kepada Dan Pusdiklatpassus beserta jajarannya yang telah merencanakan serta menyiapkan kegiatan Pembulatan Komponen Cadangan Tahun 2022 dengan baik.

Dirjen Pothan Kemhan selaku Irup menyampaikan bahwa saat ini dinamika perkembangan lingkungan strategis telah menciptakan ancaman yang komplek di berbagai wilayah Indonesia, oleh karena itu Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Pothan terus berupaya membuat regulasi sistem pertahanan negara dalam rangka menghadapi ancaman tersebut. Oleh karena itu Kementerian Pertahanan senantiasa berupaya menata dan mengelola Sumberdaya Nasional untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat sekaligus untuk kepentingan pertahanan negara.

Selanjutnya Dirjen menyampaikan bahwa keselamatan dan keutuhan NKRI adalah tugas bersama seluruh warga negara Indonesia sebagaimana yang diamanatkan pada Pasal 27 dan 30 UUD 1945 yang dijabarkan dengan UU no 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional dimana disebutkan perlu dibentuk dan dipersiapkan sejak dini Komponen Cadangan untuk memperkuat Komponen Utama dalam meghadapi setiap ancaman. Tujuan dari Pembulatan ini adalah untuk menyamakan visi dan misi Komponen Cadangan, mengaplikasikan materi yang telah diterima selama pelatihan dasar kemiliteran di satuan pendidikan masing-masing serta meningkatkan solidaritas antar Komponen Cadangan.

Sebelum mengakhiri sambutannya Dirjen Pothan Kemhan memberikan penekanan antara lain:
1. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa.
2. Perhatikan faktor keamanan personel dan materiil dalam setiap kegiatan, hindari kesalahan sekecil apapun.
3. Laksanakan latihan pembulatan berpedoman pada direktif yg telah dibuat.

Demikian amanat yang disampaikan Dirjen Pothan Kemhan, selanjutnya inspektur upacara beserta tamu undangan menyaksikan defile dari masing-masing Batalyon Komcad.(Red Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia